Tertinggi di Juli 2021:

Positif Covid-19 di Bengkalis Tambah 61 Kasus, 21 Orang dari Kec. Bengkalis

Teks foto: Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ersan Saputra

BENGKALIS – Kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis masih terus bertambah. 

Hari ini, Kamis, 15 Juli 2021, tercatat terjadi penambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 61 orang. Angka ini merupakan tertinggi di Juli 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th mengatakan, 61 orang tersebut berasal 8 kecamatan.

“Penambahan tertinggi di Kecamatan Bengkalis, sebanyak 21 orang. Sedangkan tertinggi kedua di Mandau, sebanyak 17 orang”, jelas Ersan.

Kemudian, imbuhnya, Rupat Utara 9 orang, Bandar Laksamana 4 orang, serta Bathin Solapan dan Bantan masing-masing 3 orang.

“Lalu, Rupat 2 orang, serta Siak Kecil dan Bukit Batu masing-masing 1 orang”, kata mantan Direktur RSUD Mandau ini.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, 21 kasus baru dari Bengkalis itu berasal dari (kelurahan/desa) Kelapapati 8 orang, Wonosari dan Senggoro masing-masing 3 orang, serta Bengkalis Kota 2 orang.

Sementara 5 orang lagi merupakan warga Pangkalan Batang, Pangkalan Batang Barat, Rimba Sekampung, Damon, dan Senderak.

Adapun 17 kasus baru di Mandau, berasal dari Babussalam, Duri Barat dan Air Jamban masing-masing 4 orang, serta Gajah Sakti 3 orang, Batang Serosa dan Talang Mandi masing-masing 1 orang.

Sementara untuk 9 orang di Rupat Utara semuanya penduduk Tanjung Medang, dan 2 orang di Rupat dari Pangkal Pinang.

Adapun 4 orang di Bandar Laksamana, semuanya warga Bukit Kerikil. Sementara 3 orang di Bantan, 2 orang dari Pambang Baru dan 1 orang dari Pasiran.

Kemudian, 3 orang di Bathin Solapan, 2 orang warga Air Kulim dan 1 orang penduduk Tambusai Batang Dui.

Sedangkan 1 orang di Bukit Batu merupakan penduduk Sukajadi, dan 1 orang di Siak Kecil warga Lubuk Muda.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, dia kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” harap Ersan.

Sekedar informasi, berdsarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk Covid-19 sebesar 35%.

Sementara bila memakai masker kain bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 hingga 45%. Sedangkan kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%. #DISKOMINFOTIK