Program Bengkalis Sehat Baznas Kabupaten Bengkalis

100 Anak Khitan Masal di Bathin Sholapan, Bupati Kasmarni: Sudah Akil Baligh Jangan Tinggalkan Sholat

Teks foto: Bupati Bengkalis, Kasmarni, ketika melihat prosesi khitan dan menenangkan anak yang takut dikhitan, Kamis, 15 Juli 2021.

BATHIN SOLAPAN - Sedikitnya 100 anak dhuafa mengikuti khitanan masal dari program Bengkalis Sehat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, di Kecamatan Bathin Solapan, Kamis, 15 Juli 2021.

Bertempat di Kantor Camat Bathin Solapan, Jalan Lintas Sumatera, khitanan masal untuk anak dhuafa ini secara resmi dibuka Bupati Bengkalis, Kasmarni didampingi Sekda Bengkalis, H Bustami HY, Plt Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Bengkalis, H Ismail.

“Kita mengapresiasi kegiatan yang diperuntukkan khusus bagi anak dari keluarga dhu’afa ini. Karena Baznas sebagai lembaga sosial yang diakui keberadaannya oleh negara, secara langsung dan tidak langsung telah ikut berpartisipasi serta membantu pemerintah daerah melalui program-programnya yang berorientasi pada perbaikan taraf hidup masyarakat, pemberdayaan masyarakat serta program pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Bengkalis ini,” terang Bupati Kasmarni.

Bunda Kasmarni juga menasehati para anak-anak yang akan dikhitan kala itu agar mereka benar-benar menyadari, setelah khitan akan memasuki masa akil baligh. Masa yang berpengaruh terhadap masa depan anak di usia remaja.

“Pandailah membawa diri dalam pergaulan. hendaklah kalian bisa memilih dan memilah teman, karena jika salah akan sangat besar pengaruhnya terhadap masa depan kalian. Jangan terpengaruh hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan,” pesannya.

Kemudian, rajin dan tekunlah belajar, karena hanya dengan ilmu dan belajar yang dipenuhi semangat dapat mewujudkan cita-cita dan masa depan yang gemilang.

“Dan yang tak kalah penting, setelah khitan ini jangan pernah tinggalkan sholat, rajinlah membaca Al-Qur’an serta berbakti kepada orang tua,” imbuhnya.

Kemudian kepada para orang tua, Bunda Kasmarni juga mengingatkan untuk terus berikan pendidikan dan motivasi kepada anak. Terapkan disiplin mematuhi protokol kesehatan, kepada keluarga dan anak-anak.

“Walaupun kita masih dimasa pandemi, pendidikan anak tetap harus menjadi perhatian. Anak-anak kita wajib bersekolah agar mereka memiliki SDM yang baik dalam menghadapi tantangan masa depan. Terus didik dan berikan perhatian kepada mereka sebagai generasi bangsa dimasa hadapan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kasmarni juga sempat melihat proses khitanan dan menenangkan anak-anak yang menangis dan ketakutan ketika dikhitan oleh petugas kesehatan.

Sementara itu, Ketua Baznas mengungkapkan total anak yang dikhitan sepanjang tahun 2021 ini ditargetkan sebanyak 600 anak. Sedangkan priode kepengurusan Baznas selama ini sudah mengkhitankan sebanyak 2000 anak Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, H Ali Ambar, Camat Bathin Solapan, Wahyuddin, Camat Mandau, Riki Rihardi dan sejumlah kepada Perangkat Daerah serta undangan lainnya.#DISKOMINFOTIK


TERWUJUDNYA KABUPATEN BENGKALIS YANG BERMARWAH, MAJU DAN SEJAHTERA | Mewujudkan Pengelolaan Potensi Keuangan Daerah, Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang Efektif dalam Memajukan Perekonomian | Mewujudkan Reformasi Birokrasi serta Penguatan Nilai-nilai Agama dan Budaya Melayu Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Masyarakat yang Berkarakter | Mewujudkan Penyediaan Infrastruktur yang Berkualitas dan Mengembangkan Potensi Wilayah Perbatasan untuk Kesejahteraan Rakyat

100 Anak Khitan Masal di Bathin Sholapan, Bupati Kasmarni: Sudah Akil Baligh Jangan Tinggalkan Sholat

Zuriat Abdillah, S.Pd.I
Andi Utama, A.Md

Videografer