Kasus Baru Covid-19 di Bengkalis Bertambah 45 Orang, Meninggal 1 Orang

Teks foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra Th

BENGKALIS – Penambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, kembali menunjukkan grafik meningkat.

Hari ini, Rabu, 14 Juli 2021, penambahan kasus baru positif Covid-19 sebanyak 45 orang.

Padahal Ahad, 11 Juli 2021, sempat menurun. Hanya bertambah 35 orang. Sementara sehari sebelumnya, Sabtu, 10 Juli, dimana penambahannya sebanyak 48 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th menjelaskan, tambahan 45 kasus baru itu berasal dari 6 Kecamatan.

“Yakni, Mandau 16 orang, Bengkalis 10 orang, Pinggir dan Bathin Solapan masing-masing 7 orang , serta Bantan dan Rupat masing-masing 3 orang dan 2 orang”, jelasnya.

Dikatakannya, 16 orang di Mandau merupakan warga (kelurahan/desa) Air Jamban 8 orang, Pematang Pudu 5 orang, dan Gajah Sakti 3 orang.

Untuk 7 orang di Bengkalis, sambung mantan Direktur RSUD Mandau ini, Bengkalis Kota 5 orang, Senggoro dan Wonosari masing-masing 2 orang, serta 1 orang dari Rimba Sekampung.

Lalu, sambungnya, 7 orang di Bathin Solapan berasal dari Tambusai Batang Dui 3 orang, Simpang Padang 2 orang, dan 2 orang lagi dari Pematang Obo dan Sebangar.

“Adapun 3 kasus baru di Bantan berasal dari Jangkang, Bantan Tua dan Selat Baru. Sementara 2 orang dari Rupat merupakan warga Sri Tanjung”, kata Ersan.

Dia juga menerangkan, per 14 Juli 2021, terdapat penambahan 8 orang pasien yang sembuh, serta 1 orang pasien meninggal dunia.

Masih kata Ersan, di tahun 2021 ini, hingga 14 Juli 2021, kumulatif positif Covid-19 di daerah ini berjumlah 3.140 orang.

Rinciannya, 2.542 orang sembuh, 143 orang meninggal dunia, 400 orang menjalani isolasi mandiri, dan 55 orang dirawat di rumah sakit.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, dia kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” harap Ersan.

Sekedar informasi, berdsarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk Covid-19 sebesar 35%.

Sementara bila memakai masker kain bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 hingga 45%. Sedangkan kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%. #DISKOMINFOTIK