Hari Ini Positif Covid-19 di Bengkalis Tambah 38 Kasus, 19 Orang dari Mandau

Teks foto: Kadis Kesehatan Ersan Saputra

BENGKALIS – Penambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis kembali meningkat.

Jika kemarin, Kamis, 1 Juli 2021 sebanyak 34 orang, hari ini, Jumat, 2 Juli 2021, kasus positif Covid-19 bertambah 38 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra Th menjelaskan, 38 kasus baru tersebut berasal dari 7 kecamatan.

“Terbanyak dari Mandau berjumlah 19 orang. Kemudian Bengkalis dan Pinggir masing-masing 7 orang dan 6 orang”, ujarnya.

Sedangkan sisanya, sambung mantan Direktur RSUD Mandau ini, berasal dari Bantan dan Rupat masing-masing 2 orang, serta Bukit Batu dan Siak Kecil masing-masing 1 orang.

Masih menurut Ersan, 19 orang dari Mandau itu berasal dari (desa/kelurahan) Pematang Pudu 11 orang, Talang Madi 3 orang, Air Jamban dan Babussalam masing-masing 2 orang, serta Batang Serosa 1 orang.

Sedangkan 7 orang di Bengkalis merupakan warga Rimba Sekampung 3 orang, Kelapapati 2 orang, serta Wonosari dan Bengkalis Kota masing-masing 1 orang.

Untuk 6 orang di Pinggir berasal dari Titian Antui 5 orang dan Muara Basung 1 orang.
Sementara 2 orang di Bantan merupaka warga Jangkang dan Kembung Baru.

Adapun 2 orang di Rupat adalah warga Tanjung Kapal dan Teluk Lecah.
“Sedangkan 1 orang di Bukit Batu dari Pakning Asal, sementara 1 orang di Siak Kecil dari Koto Raja”, katanya.

Adanya penambahan 38 kasus baru itu, imbuh Ersan, total positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis tahun 2021 hingga 2 Juli 2021 sebanyak 2.747 orang.

“Rinciannya, 2.391 orang sembuh, 129 orang meninggal dunia, 194 isolasi mandiri dan 33 orang dirawat di rumah sakit”, paparnya.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas”, harapnya.

Sekedar informasi, berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk Covid-19 sebesar 35 persen.
Sementara bila memakai masker kain bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 hingga 45 persen.

Sedangkan kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75 persen. #DISKOMINFOTIK