Bupati dan Wabup Bengkalis Tuntas Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Kepala Daerah

BENGKALIS - Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota Terpilih pada Pilkada Serentak 2020 yang dilaksanakan secara virtual sejak Senin, 14 Juni 2021, berakhir pada Jumat 18 Juni 2021. 

Kegiatan pelatihan gelombang kedua bagi angkatan 3, 4, 5 dan 6 itu diikuti 102 kepala daerah petahana terpilih, baik bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota dari berbagai daerah se-Indonesia selama 5 hari. 

Di Kabupaten Bengkalis, Bupati Kasmarni yang tergabung dalam angkatan 6 mengikuti kegiatan pelatihan kepemimpinan tersebut selama lima hari dari kediamaannya di Pekanbaru. 

Sementara itu, Wabup Bagus Santoso tergabung dalam angkatan 3 mengikuti dari ruang vidcon, rumah dinas Wabup di Bengkalis. 

Usai mengikuti kegiatan itu, Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dilaksanakannya pelatihan dan pembekalan tersebut. 

“Acara ini luar biasa, saya sangat mengapresiasi. Kita bisa mendapat ilmu dari berbagai narasumber yang memberikan materi begitu luas dan menginspirasi kepala daerah bagaimana memajukan daerahnya,” ujar Kasmarni. 

Kasmarni mengaku banyak ilmu yang didapat dan bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Bengkalis. Dengan kegiatan ini, juga bisa membuka wawasan serta silaturahmi dan saling tukar pikiran, khususnya tentang penyelenggaraan pemerintahan yang baik. 

"Baik dari sisi sistem penyelenggaraan pemerintah, kemudian peningkatan kapasitas pengetahuan perundangan-undangan, dan tata kelola keuangan yang baik dan benar," terangnya. 

Dikatakan pula Wabup Bagus Santoso, pelatihan dan pembekalan tersebut penting, agar kepala daerah tidak salah langkah dalam menjalankan roda pemerintahan dengan bijaksana sesuai dengan amanat Undang-Undang. Dan pada akhirnya dapat bermuara untuk kemajuaan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Menurut Wabup Bagus Santoso, pelatihan kepemimpinan tersebut banyak manfaatnya dan wajib diikuti kepala daerah untuk meningkatkan kapasitas dan integritas kepemiminan kepala daerah.

Bagus Santoso juga mengaku karena dalam beberapa sesi dapat langsung bertanya jawab menyuarakan langsung berbagai hal terkait pembangunan Bengkalis kepada narasumber diantaranya ketua KPK RI Firli Bahuri. 

“Dengan pelatihan ini, kita juga belajar tentang kepemimpinan atau leadership. Sebagai pemimpin kita belajar mengkoordinir seluruh jajaran untuk dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik,” katanya. 

Dari informasi yang dihimpun, setelah dilaksanakan secara virtual, Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota Terpilih pada Pilkada Serentak 2020 gelombang kesatu akan dilanjutkan secara tatap muka yang akan dilaksanakan tiga hari yakni bagi Bupati angkatan 6 non petahana dari 3 sampai 6 Agustus 2021. Dan Wabup angkatan 3 non petahana 13 sampai 15 Juli 2021 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Jakarta. #DISKOMINFOTIK