Teluk Papal, Desa Pertama Dinilai Tim Lomba PHBS

Teks foto: Kegiatan Lomba PHBS diikuti 23 Desa se-Kecamatan Bantan

BANTAN – Desa Teluk Papal menjadi desa pertama yang dinilai oleh tim penilai dalam lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Bantan. Penilaian terhadap 23 desa se-Kecamatan Bantan dimulai Kamis 10 Juni hingga 15 Juli 2021.  

Pembukaan penilaian terhadap desa dalam lomba PHBS ini dibuka langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bantan Sumiati di Desa Teluk Papal, Kamis 10 Juni 2021. Hadir dalam pembukaan itu, Kepala Desa Teluk Papal Lakuning Ratno, Tim Penilai dari UPT Puskesmas Selatbaru dan UPT Puskesmas Teluk Pambang.

Diungkapkan Sumiati, untuk penilaian ini Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Bantan bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Selatbaru dan UPT Puskesmas Teluk Pambang.

Sumiati menyampaikan kepada warga Desa Teluk Papal, PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran diri sendiri, sehingga anggota keluarga dapat menolong menjaga kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

“PHBS jumlahnya banyak sekali, misalnya tentang gizi makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita kapsul vitamin A,” ungkap istri Camat Bantan.

Sumiati berharap para kader dan masyarakat dapat menanamkan PHBS dan para masyarakat dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.

Lebih lanjutnya Sumiati menegaskan menilai kegiatan perlombaan ini sangat penting karena menyangkut kesehatan di lingkungan masyarakat. Kedepan melalui lomba ini akan menumbukan kesadaran bagi kader dan masyarakat dapat menanamkan pola hidup bersih dan sehat di rumah, sekolah, tempat ibadah, tempat kerja, tempat bermain anak-anak serta lingkungan sekitar

“Kalau semuanya bersih banyak sekali manfaatnya seperti kita dan anggota keluarga tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas dan lain-lain,” ungkap Sumiati.

Sementara itu, Lakuning Ratno mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memotivasi Desa Teluk Papal untuk mengikuti lomba PHBS tersebut.

“Terima kasih kami ucpakan kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, kami berharap kita mendapat nilai terbaik kedepannya. Menang kalah dalam perlombaan itu biyasa, namun kita ambil baiknya dari perlombaan ini yaitu Pola Hidup Bersih dan Sehat dalam keluarga serta lingkungan,” ungkap Lakuning Ratno.#DISKOMINFOTIK