DKP Bengkalis dan DPTPH Riau Kerjasama Berikan Alat Pengolah Pangan Lokal Kepada Kelompok Usaha

BENGKALIS - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis menggandeng Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Riau bekerjasama memberikan alat pengolah pangan lokal kepada kelompok usaha di Negeri Junjungan Jumat 4 Juni 2021.

Kegiatan melalui pengalokasikan anggaran APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2021 ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki usaha panganan lokal.

Keberpihakan pemerintah kepada kelompok pengolah pangan lokal di Kabupaten Bengkalis tidak hanya dalam bentuk pendampingan teknis pengolahan saja namun telah juga diberikan dalam bentuk pemberian bantuan peralatan olah pangan local agar lebih mampu menghasil produks produk yang layak pasar. 

Bertempat di unit usaha Kelompok Sarana Hidup Desa Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Imam Hakim diwakili Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Khairul Ashri berkesempatan mendampingi DPTPH Provinsi Riau dalam penyerahan bantuan alat pengolah pangan lokal berbahan baku sagu ini yang usahanya sudah berjalan cukup lama dan produknya sudah banyak dikenal masyarakat, walaupun belum menembus pasar luas.

Penyerahan alat pengolahan oleh Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau yang diwakili Kasi Konsumsi Bidang Ketahanan Pangan kepada Kelompok Sarana Hidup yang langsung diterima ketua M. Ali.

Peralatan yang diserahkan berupa alat pemotong, alat penyaring minyak, alat penutup kemasan plastik, serta beberapa peralatan masak seperti kompor, tabung gas, panci, kuali, dan lain-lain.

"Kepada kelompok penerima bantuan kami berharap dapat memanfaatkan peralatan tersebut sehingga produksi oleh pangan lokal akan semakin meningkat dari waktu ke waktu sehingga omsetnya semakin meningkat pula," ujar Imam Hakim.

Imam Hakim juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Dinas Tanaman Pangan Provinsi Riau yang telah menganggarkan bantuan tersebut dan senantiasa berharap agar terus memberikan perhatian kepada kelompok kelompok pengolah dan pengrajin pangan lokal yang banyak terdapat di Kabupaten Bengkalis.

Turut serta dalam acara penyerahan tersebut Sekretaris Desa Prapat Tunggal M. Fadli Kasi Kerawanan Pagan M. Nasir, Penyuluh Pertanian Fathurrohman dan rekanan serta anggota Kelompok Sarana Hidup. #DISKOMINFOTIK