Kasus Baru Covid-19 di Bengkalis Menurun, Pasien Meninggal Bertambah 3 Orang

BENGKALIS – Perkembangan penambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis kembali memperlihatkan grafik menurun.

Jika kemarin 12 orang, hari ini, Kamis, 3 Juni 2021, sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan hingga pukul 18.00 WIB, penambahan kasus baru hanya 11 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra Th menjelaskan, 11 kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Bengkalis dan Bukit Batu masing-masing 3 orang.

“Kemudian, Mandau 2 orang, serta Bandar Laksamana, Siak Kecil dan Pinggir masing-masing 1 orang”, jelasnya.

Kata Ersan lagi, 3 kasus dari Kecamatan Bengkalis berasal dari Rimba Sekampung, Ketam Putih dan Damon. Sementara di Bukit Batu dari Sungai Selari 2 orang dan Sungai Pakning 1 orang.

“Adapun di Mandau dari Gajah Sakti dan Duri Timur. Sedangkan di Bandar Laksamana dari Tenggayun, Siak Kecil dari Muara Dua, dan untuk Pinggir dari Balai Raja”, tambah Ersan.

Mantan Direktur RSUD Mandau ini juga menjelaskan, hari ini tercatat 3 pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sementara pasien yang sembuh sebanyak 9 orang.

Ketiga pasien yang meninggal itu, imbuhnya, adalah MN (82, perempuan) dari Titian Antui, Pinggir. MN yang merupakan pasien ke-3.299 ini meninggal di rumah sakit Permata Hati Duri.

Lalu, AB (76, perempuan) dari Pematang Pudu, Mandau. AB yang merupakan pasien ke-3.603, berpulang di rumah sakit Awal Bross Pekanbaru.

Terakhir, AP (44, laki-laki). Warga Gajah Sakti yang tercatat sebagai pasien ke-3.670 ini wafat di rumah sakit Permata Hati Duri.

“Dengan adanya penambahan 11 kasus baru hari ini, maka total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis menjadi 3.973 orang”, papar Ersan.

Rinciannya, 3.260 orang sembuh (82,05 persen), 155 orang meninggal dunia (3,90 persen), 76 orang dirawat di rumah sakit (1,91 persen) dan 482 orang menjalani isolasi mandiri (12,13 persen).

Di bagian lain dan untuk memutus mata rantai penyebarannya, Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, kapan dan dimana pun berada. 

Kemudian, kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri, dia berharap supaya senantiasa berada di kediaman masing-masing. 

“Agar tidak menulari orang lain, bagi yang menjalankan isolasi mandiri, tidak boleh bepergian kemana pun. Jangan melakukan kontak erat dengan siapapun”, harap Ersan, mengingatkan. #DISKOMINFOTIK