Dipimpin Jokowi, Bupati dan Wabup Bengkalis Ikuti Upacara Virtual Hari Lahir Pancasila

Teks foto: Bupati Kasmarni didampingi Wabup H Bagus Santoso bersama Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Sofyan saat mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ruang Rapat Hang Jebat, Kantor Bupati Bengkalis, 1 Juni 2021

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati (Wabup) H Bagus Santoso mengikuti upacara virtual peringatan Hari Lahir Pancasila.

Upacara dipimping secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, H Jokowi Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa 1 Juni 2021.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB itu, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sedangkan Bupati Kasmarni bersama Wabup H Bagus Santoso kompak mengenakan baju khas Melayu.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Dalam amanat upacara yang disampaikan, Jokowi berpesan tentang pentingnya mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara

"Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan," kata Jokowi.

Ia mengatakan globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Justru, Jokowi mengingatkan yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi. Termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antarideologi.

"Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi," kata Jokowi.

Jokowi menilai, untuk menghadapi semua itu pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa, tapi harus yang luar biasa yaitu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia yang maju yang kita cita-citakan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kasmarni mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila hendaknya dijadikan momentum untuk memperkuat rasa gotong-royong dan solidaritas sosial masyarakat.

"Pancasila adalah kebersamaan, gotong-royong, dan persatuan. Dengan ketiganya, keadilan dan kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan,"ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, nilai Pancasila kini menjadi modal penting bagi masyarakat guna melewati segala macam tantangan zaman.

"Apalagi saat ini, pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Untuk itu sangat penting bagi kita, mengedepankan persatuan dan kesatuan," pungkasnya.#DISKOMINFOTIK