Pemkab Bengkalis Siap Laksanakan Arahan Gubri Terkait Percepatan Penanganan Covid-19

Teks foto: Sekretaris Daerah H Bustami HY saat mengikuti Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Desa/Kelurahan se-Riau dalam pengalokasian anggaran dana desa, Jum'at 28 Mei 2021.

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik dan akan segera menindaklanjuti arahan dari Gubernur Provinsi Riau H. Syamsuar tentang peran Kepala Daerah dalam mengontrol pengalokasian dana desa yang digunakan untuk percepatan penanganan kasus Covid-19 tahun 2021, ditingkat desa dan kelurahan.

Demikian hal itu disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah H Bustami HY saat mengikuti Rakor Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Desa/Kelurahan se-Riau dalam pengalokasian anggaran dana desa, Jum'at 28 Mei 2021, bertempat di ruang rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis.

Rapat Koordinasi itu dipimpin langsung Gubernur Provinsi Riau H. Syamsuar secara daring, yang diikuti Kabupaten/Kota se-Riau.

Pada kesempatan itu Bustami melaporkan, prioritas dana desa  tahun 2021 ini, untuk penanganan kasus Covid-19 Pemkab Bengkalis mengalokasi sebanyak 8 persen. Hal itu mengacu pada Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor 2 Tahun 2021 dan Instruksi Kementerian Desa/Inmendesa Nomor 1 Tahun 2021. Minimal 8 persen dari dana desa itu harus diperuntukkan untuk penanganan Covid-19.

"Kita telah menginstruksi kepada setiap Kepala Desa/Kelurahan se- Kabupaten Bengkalis untuk segera mengunakan dana tersebut untuk percepatan penanganan kasus Covid-19, kita juga terus pantau dan mengontrol penyaluran dana desa untuk penanganan Covid-19," tuturnya.

Sekda juga melaporkan, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bengkalis sudah memasuki tahap kedua dengan sasaran petugas kesehatan, pejabat publik dan lansia, dilihat dari data saat ini bahwa tingkat partisipasi untuk vaksinasi di Kabupaten Bengkalis cukup baik. Namun terus melakukan berbagai upaya agar pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bengkalis bisa mencapai 100 persen sesuai harapan Presiden dan Guberi.

Lebih lanjut kata Sekda, terkait dengan peningkatan testing dan tresing yang diharapkan oleh Gubri maupun Presiden dalam upaya memutus mata penyeberan kasus Covid-19, Pemkab Bengkalis hingga saat ini terus berlangsung melakukan peningkatan testing, tresing maupun vaksinasi massal.

“Terkait dengan penyedian tempat isolasi terpadu, pemkab bengkalis sudah berkoordinasi dengan pihak perusahan untuk melibatkan dalam penyedian isolasi tersebut, kita sudah sampaikan itu kepada setiap perusahan yang ada di Kabupaten Bengkalis, supaya penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, untuk penyedian tempat penanganan kasus Covid-19, seperti rumah sakit dan penyedian lainnya. Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus tingkatkan serta berupaya semaksimal mungkin agar penanganan kasus tersebut terkendali dengan baik.

“Namun kita tetap meminta dukungan serta bantuan dari Gubernur Riau, supaya dalam penanganan Covid-19 ini teratasi dengan baik dan cepat,” pungkasnya.

Rakor secara virtual itu diikuti para Forkopimda dan Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.#DISKOMINFOTIK