Momentum untuk Saling Berbagi, Pemkab Bengkalis Serahkan Santunan Kaum Dhuafa

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menjadikan bulan suci Ramadhan momentum untuk saling berbagi, khususnya kepada kaum dhuafa di Negeri Junjungan

Memasuki puasa ke-28, Pemkab Bengkalis menyerahkan santunan berupa uang tunai, kepada 18 kaum dhuafa. Penyerahan dilakukan di rumah dinas Wakil Bupati Jalan Antara Bengkalis Senin malam 10 Mei 2021.

Dikoordinir Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, penyerahan bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Bengkalis diwakili Wabup Bagus Santoso bersama Ketua PKK Kabupaten Bengkalis Siti Aisyah dan Ketua Baznas Bengkalis Ali Ambar.

Wabup mengatakan Keberadaan kaum dhuafa merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kaum dhuafa perlu ditingkatkan lagi.

Dalam kesempatan itu Wabup mengajak kepada seluruh umat Islam untuk membayar zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap dan sempurna.

"Salurkan zakat ke lembaga amil yang dikelola pemerintah, agar zakat yang terhimpun bisa menjadi kekuatan finansial yang besar bagi usaha memperbaiki kehidupan sosial umat Islam,” ajak Bagus.

Kemudian orang nomor dua di Negeri Junjungan ini mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Bengkalis yang telah mengakomodir zakat dari para muzzaki di Negeri Junjungan.

“Terima kasih kami ucapkan mewakili Pemerintah Kabupaten Bengkalis atas kerja Baznas yang telah mampu mengakomodir zakat dari para muzzaki di kabupaten ini dengan sangat baik,” ucap Bagus.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ali Ambar berharap semoga zakat yang diterima ini dapat bermanfaat dan meringankan beban mustahik dalam menyambut bulan suci Ramadhan ditengah Pandemi Covid-19.  

“Bantuan yang kita bagi mudah–mudahan mampu untuk membantu ekonomi saudara-saudara kita yang membutuhkan, karena upaya mengurangi angka kemiskinan merupakan tanggung jawab semua komponen,” pungkas Ali Ambar.

Usai menyerahkan santunan, Wabup Bagus Santoso melakukan takziah sekaligus doa bersama virtual untuk Almarhum H Jakiman. 

Guru Jakiman bagi Bagus Santoso adalah sosok panutan yang lurus pendirian, istiqomah dalam melangkah mencapai cita dan tujuan. Beliau pakar pendorong dan mativator istimewa.

"Bagi saya, Bopo Jakiman perlambang orang jawa yang konsisten dan modern. Nyalinya dalam bertindak dan bersikap mengalahkan anak muda," ujar bagus kala sambutan memorial Guru Jakiman.

Ucapan berdukapun turut disampaikan Bagus Santoso dan keluarga.

"Turut berduka cita yang mendalam, pada hari Jumat hari yang baik, orang tua kita, tokoh, sesepuh, sang guru Bopo Jakiman meninggal dunia," ucap Bagus sambil berkaca-kaca. #DISKOMINFOTIK