Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19

Teks foto: Petugas memeriksa suhu tubuh jamaah

BENGKALIS – Sebagai langkah antisipasi penularan Covid-19 pada jamaah, Pengurus Masjid Agung Istiqomah Kabupaten Bengkalis membentuk Satuan Tugas Pencegahan Covid-19.

“Belum lama ini kita berkonsultasi dengan tim gugus COvid-19, kita diarahkan untuk segera membentuk Satgas Covid-19 Masjid Agung Istiqomah. Makanya pada hari ini, kita menggelar rapat pembentukan satgas dimaksud,” ungkap Sekretaris Masjid Agung Istiqomah Ismail, Sabtu 24 April 2021.

Rapat pembentukan Satgas Pencegahan Covid-19 Masjid Agung Istiqomah, dihadiri imam masjid, H. ustadz Ghufronuddin, ustad H Zuklifli dan para pengurus masjid, digelar usai shalat dzuhur, Sabtu 24 April 2021.

Sebagaimana diketahui, sejak hari malam Ramadhan 1442, pengurus telah menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 selama pelakanaan shalat berjamaah. Seperti mengatur jarak shaf shalat, setiap jamaah harus mengenakan masker saat saat, mencuci tangan sebelum masuk ke masjid. Bahkan sejak jauh hari tepatnya sejak setahun lalu, pengurus juga telah menyediakan tempat cuci tangan.

“Sebenarnya selama ini kita sudah menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19. Hanya secara legal formal, kita belum dituangkan dalam SK Pencegahan Covid-19 di lingkungan masjid,” ungkap Ismail.

Keberaadaan Satgas Pencegahan Covid-19 Masjid Agung Istiqomah ini akan bertugas pemantau penerapan protokol terhadap jamaah selama berada di masjid. Jika ditemukan jamaah tidak menjaga jarak shaf, tidak pakai masker, tidak cuci tangan, maka petugas langsung menegurnya.

Diungkapkan Ismail, semua pihak termasuk pengurus masjid dan jamaah punya tanggungjawab bersama untuk selalu waspada untuk mengantisipasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini penting, mengingat makhluk bernama Corona ini tidak kelihatan, tapi keberadaannya ada berbahaya, sehingga harus dicegah.

Ismail menyampaikan imbauan Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Arianto, mengajak seluruh pengurus bersatu padu dan sekaligus contoh dalam upaya pencegahan Covid-19. “Kita harus menjadi tauladan kepada jamaah dalam upaya pencegahan Covid-19, terutama ketika melaksanakan shalat jamaah di masjid ini,” terangnya. #DISKOMINFOTIK