Pesan Bupati Kasmarni Untuk Pemuda Sakai: Gali Terus Sejarah Hidup Para Leluhur

Teks foto: Bupati Kasmarni saat ziarah di makam Datuk Antui Sutan Batuah Ondah Lidah Hitam

MANDAU - Rabu, 7 April 2021, Bupati Kasmarni meresmikan penggunaan situs budaya suku asli Sakai, berupa makam keramat Datuk Antui Sutan Betuah Ondah Lidah Hitam, berlokasi di Kampung Tanjung Sianlang, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau.

Kepada anak cucu sakai wilayah 5 dan 8, Kasmarni berpesan agar dapat merawat makam tersebut. "Selalulah berziarah kemakam leluhur kita ini dan kirimkan minimal alfatihah untuk almarhum Sutan Betuah, yang tak kalah penting gali terus sejarah hidup para leluhur," pesannya.

apa yang dilakukan hari ini, kata Kasmarni merupakan bagian dari upaya memperkokoh kedudukan kader muda Sakai.

Generasi Sakai memang sudah memasuki era global, meski begitu tidak boleh lepas dari apa yang menjadi sejarah dan cikal bakal leluhur. 

"Hal itu penting, agar kita dan anak cucu kita kedepannya menjadi tau, inilah Sutan Betuah salah satu tokoh pemimpin sakai," lanjutnya.

Kasmarni berharap, peresmian situs budaya Suku Sakai ini membuat generasi muada Sakai semakin cinta terhadap leluhur. "Ingat dengan leluhur dan membuat kita terinspirasi untuk memajukan sakai di Kabupaten Bengkalis. 

Hadir dalam peresmian situs budaya ini Perwakilan Kepala SKK Migas perwakilan Sumbagut dan Pimpinan PT CPI yang diwakili UP Operation PT CPI, Rudi Arif.#DISKOMINFOTIK