Mahasiswa TI Polbeng Ciptakan Buku Berbicara Untuk Disabilitas

BENGKALIS - Kepala perpustakaan nasional Muhamad Syarif Bando menerima hasil karya inovasi sebuah buku bicara karya mahasiswa jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis.

Buku tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Polbeng Johny Custer kepada Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Suwarto dan Genta (Mahasiswa membuat buku bicara) kepada Kepala Perpusnas Muhamad Syarif Bando.

Penyerahan karya inovasi mahasiswa polbeng tersebut bertepatan dengan penanda tanganan perjanjian kerjasama antara polbeng dengan pusat pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi.

Johny mengatakan, buku tersebut dibuat bersama dengan kabid pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca, dosen polbeng, dan mahasiswa teknik informatika.

Hal tersebut berawal dari Mahasiswa Prodi D3 TI Genta Perdana Putra dan Indra Gunawan yang magang selama 2 bulan di Perpustakaan dan Kearsipan Bengkalis. 

"Melihat talenta dan bakat mahasiswa tersebut mucullah ide dari Ibu Yana Susilayani selaku kabid pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca untuk membuat buku dimana buku tersebut bisa berbicara layaknya seseorang yang sedang bercerita," kata Johny.

Johny mengatakan buku berbicara tersebut dapat bermanfaat selain kepada anak-anak juga penyandang disabilitas.

Selanjutnya Direktur Polbeng Johny berharap kepada para mahasiswa, termasuk kaum milenial lainnya, diharapkan bisa termotivasi untuk berkarya dan membuat suatu inovasi dalam perkembangan tekhnologi sekarang ini.

Sementara itu, Muhamad Syarif Bando selaku Kepala perpusnas mengatakan, inovasi yang dilakukan Mahasiswa Polbeng ini, patut diapresiasi dengan tidak hanya menjadikan karya tersebut sebagai pameran di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Pekanbaru kemudian nantinya akan dijadikan sebagai koleksi di Perpustakaan nasional. ##DISKOMINFOTIK.