Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Berakhir, DPRD Bengkalis Usulkan Pemberhentian dan Menetapkan Pemenang Pilkada 2020

Teks foto: Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kasmarni dan Bagus foto bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Bengkalis

BENGKALIS - Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam memimpin rapat paripurna dalam rangka pengumuman usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis karena berakhirnya masa jabatan 2016-2021.

Usai usulan ditetapkan menjadi keputusan, rapat paripurna dilanjutkan dengan agenda pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis terpilih pada Pilkada tahun 2020.

Rapat paripurna ini diikuti 25 orang anggota dewan, dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hj Umi Kalsum. Senin, 25 Januari 2021, di ruang rapat Kantor DPRD Bengkalis.

"Hari ini, Senin, 25 Januari 2021 tepat pukul 17.00 WIB rapat paripurna ini dibuka dan terbuka untuk umum," ucap Khairul Umam saat membuka rapat. 

Ia menjelaskan, masa jabatan bupati dan wakil bupati tahun 2016-2021 telah berakhir, berdasarkan peraturan perundang undangan, Pimpinan DPRD mengusulkan pemberhentian Bupati dan wakil bupati karena berakhirnya masa jabatan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Amril Mukminin dan Muhammad, bupati dan wakil bupati masa jabatan 2016-2021, atas pengabdian dan darma baktinya membangun Negeri Junjungan," terangnya, sambil menutup rapat paripurna.

Usai rapat paripurna usulan pemberhentian, dilanjutkan dengan rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis terpilih pada Pilkada tahun 2020.

Khairul Umam mengatakan, KPU telah menyurati pimpinan DPRD pada 22 Januari lalu yang isinya menyatakan perihal pengesahan pasangan calon terpilih.

"Karena itu, sebagai tindak lanjut, Banmus DPRD mengagendakan rapat paripurna penetapan ini,"jelasnya.

"Kasmarni dan Bagus Santoso dengan nomor urut 3 berhasil memperoleh suara terbanyak pada Pilkada 2020. Atas nama Pimpinan dan anggota DPRD serta masyarakat Bengkalis, kami ucapkan selamat dan tahniah kepada saudari Kasmarni sebagai Bupati terpilih dan Bagus Santoso sebagai Wakil Bupati terpilih," ucapnya disambut tepuk tangan peserta rapat.

Khairul Umam menyebut, Jika tak ada aral melintang, agenda pelantikan dijadwalkan pada tanggal 17 Februari mendatang, dan dilantik oleh Gubernur Riau Syamsuar, di Gedung Daerah Provinsi Riau.#DISKOMINFOTIK