Pengawasan Daerah dan Pemutakhiran Data TLHP Diharapkan Jadi Momentum Perbaiki Pola dan Metode Pengawasan Internal

Teks foto: Pj Bupati menyerahkan cendera mata kepada narasumber

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Inspektorat melaksanakan Gelar Pengawasan Daerah dan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) pada Pemkab Bengkalis Tahun 2020.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber secara langsung dan juga melalui meeting zoom, mereka adalah Anggota DPR-RI Jon Erizal, Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Farid Firman dan Inspektur Provinsi Riau Sigit Juli Hendriawan.

Peserta kegiatan yang dilaksanakan di ruang Dang Merdu, Lantai IV, Kantor Bupati Bengkalis, Senin, 28 Desember 2020, ini adalah Asisten Sekretariat Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Direktur BUMD dan camat se Kabupaten Bengkalis.

"Acara ini merupakan agenda pengawasan yang menjadi salah satu instrumen untuk mengukur tingkat kinerja perangkat daerah dalam rangka percepatan penyelesaian tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan BPK RI, Perwakilan BPKP provinsi, Inspektorat provinsi dan Inspektorat Bengkalis," jelas Pj Bupati Syahrial Abdi.

Abdi mengatakan, pengawasan intern terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi, berguna untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolak ukur yang telah diterapkan secara efektif dan efesien demi mewujudkan pemerintahan yang baik.

Ia berharap dengan dilaksanakannya gelar pengawasan daerah dan pemutakhiran data TLHP menjadi momentum untuk memperbaiki pola dan metode pengawasan internal pemerintahan daerah.

"Kita sangat berharap, dilaksanakannya acara ini dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pimpinan unit kerja/instansi objek pemeriksaan, tentang pentingnya tindak lanjut dari hasil pengawasan, serta meningkatkan koordinasi aparat pengawasan dengan objek pemeriksaan," harapnya.#DISKOMINFOTIK