Disdukcapil Kembali MoU Bersama DPPPA

BENGKALIS Guna mewujudkan verifikasi dan validasi penerima bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali menjalin nota kesepahaman atau (MoU) Selasa, 8 Desember 2020.

Sebelumnya MoU dilaksanakan bersama BPBD di Kantor Disdukcapil Jalan Pertanian Bengkalis.

Penandatanganan MoU langsung dilaksanakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ismail bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Raja Arlingga.

Adapun maksud dari perjanjian kerjasama tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan transparansi akuntabilitas dan akurasi data dalam pelaksanaan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pengalokasian anggaran dan pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam rangka pemberdyaan perempuan dan perlindungan anak.

Kemudian salah satu tujuan dilaksanakan MoU untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas untuk meningkatkan efektivitas fungsi dan peran melalui pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Raja Arlingga mengatakan kami mengucapkan terimakasih dan menyambut baik dengan penandatanganan karena merupakan langkah yang harus di dukung dan saling mengisi.
Kadisdukcapil Ismail menjelaskan bahwa saat ini cakupan Akta Kelahiran di Kabupaten Bengkalis telah lebih dr 93% dapat ditingkatkan dari sebelumnya bulan Juli 2020 ketika itu baru sekitar 70%.

“KIA telah lebih 20%, yang mana kita bergerak dari nol pada bulan Agustus lalu. Ini semua berkat dukungan dan kerja sama berbagai pihak terkait, antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Tim Penggerak PKK, Forum Anak, IBI, Pemerintah Desa/Kelurahan, Jajaran Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan serta pihak-pihak lainnya,” kata Ismail.

Selanjutnya Ismail juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semuanya pihak yang telah bersedia bersama-sama menandatangani perjanjian kerjasama.

Ikut menyaksikan Penandatanganan MoU Kepala Bidang yang Membidangi Pemanfaatan Data baik dari Disdukcapil juga DPPPA Bengkalis. ##DISKOMINFOTIK