Sinkronisasi Program Provinsi, Bappeda Bengkalis Gelar FGD

BENGKALIS – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Grup Discussion (FGD) tentang sinkronisasi program provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis. 

Kegiata dilaksanakan di Hotel Surya Duri ini, dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Bengkalis, diwakili Kepala Bappeda Bengkalis, Hadi Prasetyo, Senin, 7 Desember 2020.

Sekretaris Bappeda Bengkalis, Rinto selaku penyelenggara menyampaikan, pada awalnya rencana FGD ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh kabupaten/kota di Riau. Namun, karena wabah Covid-19, rencana tersebut tidak memungkinkan. 

“Padahal, sinkronisasi ini penting karena sejak munculnya Covid-19, ada kecenderungan koordinasi antara daerah dengan provinsi lemah. Untuk itulah, pada hari ini kita melaksanakan FGD,” ujar Rinto.

 Sementara itu, Pj Bupati Bengkalis yang diwakili Hadi Prasetyo mengatakab dengan adanya FGD ini diharapkan bisa dicari benang merah antara program Kabupaten Bengkalis dengan program Provinsi Riau yang tertuang dalam RKPD. Untuk itu, kepada peserta diharapkan memanfaatkan kesempatan FGD ini untuk dapat memberikan dukungan melalui kegiatan di masing-masing Perangkat Daerah.

Kabid PPE Bappeda Bengkalis, Firdaus yang menjadi narasumber pertama alam kegiatan tersebut mengawali dengan menyampaikan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Bengkalis Tahun 2021-2025. 

Dikatakannya, maksud penyusunan RPJMD Teknokratik untuk memberikan rancangan arah pembangunan jangka menengah Kabupaten Bengkalis lima tahun kedepan yang holistik-tematik, integratif dan berbasis spasial berdasarkan capaian pembangunan, permasalahan dan isu strategis pembangunan, serta kemampuan keuangan daerah.

Dalam kesempatan itu, secara umum Firdaus menyampaikan gambaran umum kondisi daeah Kabupaten Bengkalis seperti kesejahteraan dan pemerataan ekonomi, perkembangan kesejahteraan sosial, capaian pembangunan pendidikan, capaian pembangunan kesehatan, pekerjaan umum dan perumahan.

Kemudian gambaran keuangan daerah, serta permasalahan dan isu strategis.

Turut hadir dalam acara FGD Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura, Kadis Damkar Bengkalis Syafrizan, Kadis Pertanian Bengkalsi Tarmizi, Kadis Perikanan Bengkalis Herliawan, Kadis Pemberdayaan Perempuan Bengkalis Raja Arlingga, Plt Kepala Balitbang Bengkalis Dahen Tawakkal, Kadis Sosial Bengkalis Martini, dan Kadis Naker Bengkalis Kholijah. ##DISKOMINFOTIK