PNB Lauching & Sea Trial 3 Kapal Penangkap Ikan

Teks foto: Asisten Administrasi Umum, H.T. Zainuddin, memotong pita sebagai tanda peluncuran 3 unit kapal hasil karya Poltek Negeri Bengkalis.

BENGKALIS – Tiga unit kapal tangkap ikan berukuran 3 GT buatan Politeknik Negeri Bengkalis (PNB) , melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 Kementerian Keluatan dan Perikanan, secara resmi di Lauching & Sea Trial Penjabat Bupati Bengkalis diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis, H. T. Zainuddin, Jumat, 4 Desember 2020.

Serimonial peluncuran ini digelar di galangan kapal Kampus Politeknik Bengkalis, Jl. Leseng, Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis yang turut di hadiri, Kadis Perikanan, H. Herliawan, Kadis Kominfotik, Johansyah Syafri, Direktur Johny Custer dan sejumlah civitas PNB.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mengapresiasi karya dari Politeknik Negeri Bengkalis ini. Tentunya hal ini harus kita pertahankan dan terus tingkatkan,” ujar T. Zainuddin saat memberikan sambutan.

Asisten III Setda Bengkalis ini juga mengungkapkan meski memang tahun ini baru mendapatkan 3 unit kapal, namun ia berharap tahun selanjutnya dapat diadakan kembali sehingga dapat membantu para nelayan mencari nafkah di perairan.

“Melalui bantuan kapal ini, kita berharap dapat menjadi manfaat besar bagi nelayan yang kita pandang layak mendapatkannya. Yakni kepada kelompok nelayan di Tanjung Punak Rupat Utara,” tuturnya.

Kapal buatan PNB ini juga dilengkapi dengan mesin bahan bakar solar, alat penangkap ikan dan alat bantu penangkap ikan yang direncanakan pada Sabtu 5 Desember 2020 besok akan dibawa ke Rupat Utara untuk di distribusikan.

Mengingat masyarakat Bengkalis sebagian besarnya adalah para nelayan, T. Zainuddin mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan terus memberikan perhatian kepada para nelayan guna membantu meningkatkan hasil tangkapannya.

“Ini salah satu bentuk perhatian kita. Dan mudah-mudahan setiap tahun dapat kita berikan bantuan kepada kelompok-kelompok nelayan sehingga mendapatkan kemudahan dalam mencari rezkinya di laut,” terangnya.

Usai menggelar peluncuran yang ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng, bersama civitas Politeknik Negeri Bengkalis, dan tamu undangan lainnya, T. Zainuddin berkesempatan menjajal kapal 3 GT buatan anak negeri ini mengitari pesisir laut di sekitar galangan kapal.#DISKOMINFOTIK