Sepekan, Ribuan Warga Pinggir Nikmati Layanan Jebol Master

Teks foto: Warga menunggu layanan Jebol Master dari Dinas Kependudukan Kabupaten Bengkalis

Kepala Dinas Dukcapil Ismail turun langsung meninjau kegiatan Layanan Jebol Master

BENGKALIS – Suasana pandemi Covid-19, layanan Dinas Pendudukan dan Catatan Cipil (Dukcapil) kepada masyarakat harus tetap maksimal. Salah satunya, melalui layanan yang diberi nama Jebol Master (Jemput Bola Masif Terintegrasi).

Hampir satu pekan, tim layanan Jebol Master Dukcapil Kabupaten Bengkalis turun ke desa dan kelurahan di Kecamatan Pinggir. Hasilnya ribuan warga dapat menikmat layanan itu.

“Sejak Senin hingga Sabtu, 9 sampai 14 November 2019, tim kita turun ke desa-desa di Kecamatan Pinggir. Alhamdulillah, kita mampu menerbitkan ribuan berkas kependudukan warga,” demikian diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis, Ismail, Ahad 15 November 2020.

Dari kegiatan pelayanan yang telah berlangsung hampir sepekan tersebut, tim telah merekam data KTP-el penduduk sebanyak 650 warga. Tidak hanya itu, petugas juga melayani mengajukan perubahan data KTP elektronik, sekitar 2.000 warga.

“Kita juga melayani permohonan penerbitan 1.723 akte kelahiran. Alhamdulillah, 864 akte kelahiran sudah diterbitkan dan  langsung diserahkan kepada warga,” ujar Ismail.

Diungkapkan Ismail, layanan Jebol Master merupakan, bentuk layanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil untuk memberikan layanan prima kepada  masyarakat.

Caranya, petugas langsung turun ke melayani masyarakat desa/kelurahan yang ingin mendapatkan dokumen administrasi kependudukan, seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan akte kelahiran.

Warga yang  mendapatkan layanan Jebol Master sangat senang, karena merasa sangat terbantu. Setiap lokasi yang menjadi sasaran layanan Jebol Master selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan.

“Tak dipungkiri, ini juga tidak terlepas dari peran pemerintah desa/kelurahan setempat yang mampu menyampaikan informasi kepada masyarakatnya berkenaan layanan yang dilaksanakan,” terang mantan Kepala Dinas PMD ini.

Pada masa pendami Covid-19, selama pelayanan Jebol Master, pemerintah desa tetap berupaya memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Yakni menyediakan tempat cuci tangan,  sabun dan handsanitizer. Bahkan pemerintah desa menyediakan masker untuk warga yang terlupa membawa, saat berada di pelayanan.

Ismail memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, pemerintah desa/kelurahan dan kecamatan yang telah mendukung penuh kegiatan pelayanan lapangan ini.

“Insya Allah, layanan dukcapil jebol master akan terus bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, berupaya memberikan pelayanan Dukcapil yang membahagiakan masyarakat,” ungkap Ismail. #DISKOMINOTIK

Petugas berupaya memaksimalkan waktu untuk Layanan Jebol Master

Petugas berupaya memaksimalkan waktu untuk Layanan Jebol Master

Petugas berupaya memaksimalkan waktu untuk Layanan Jebol Master