LSP Polbeng Lakukan Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa Vokasi Tahun 2020

BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis terus berupaya untuk menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki sertifikat kompetensi, salah satunya melalui Penerimaan Fasilitasi Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2020.

Tertuang dalam Surat Perjanjian Penugasan/Kontrak Fasilitasi Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2020 No. 029/D.D3/PPK-PTVP/VIII/2020 Tanggal 28 Agustus 2020 dengan sumber dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020.

Kegiatan dilakukan tanggal 30 September s/d 8 November 2020 dimulai dari tahap pembekalan asesi sampai dengan pelaksanaan uji kompetensi yang dilakukan bertahap masing-masing Skema di Kampus Politeknik Negeri Bengkalis.

Zainal Abidin mengatakan, kegiatan uji kompetensi kali ini dilaksanakan dengan Enam skema kompetensi, yakni Skema Welding Supervisor (Jurusan Teknik Perkapalan dan Teknik Mesin), Skema Jenjang Kualifikasi 3 Bidang Administrasi Profesional (Jurusan Administrasi Niaga),

Skema Pengoperasian Peralatan Kelistrikan Dan Elektronika Berbasis PLC dan Skema Pemasangan dan Inspeksi Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah Ibadah) (Jurusan Teknik Elektro), Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah Ibadah, Skema Junior Web Programmer (Jurusan Teknik Informatika), dan Skema Estimator Biaya Jalan (Jurusan Teknik Sipil), Skema Pemasangan dan Inspeksi Instalasi Listrik Bangunan Sederhana.

"Dengan jeda waktu yang diberikan, kita lakukan pelaksanaan pembekalan dan pelaksanaan uji kompetensi masing-masing skema dengan waktu dan tanggal yang berbeda, menggingat masa pademi Covid-19 ini kita usahakan tidak terlalu banyak untuk berkerumunan, jadi melalui masig-masing ketua TUK (Tempat Uji Kompetensi) kita lakukan diskusi untuk jadwal pelaksanaannya," kata Zainal.

Selanjutnya Zainal menambahkan Ada beberapa tahapan tes yang harus diikuti mahasiswa dalam uji kompetensi ini, dimulai dari tes tertulis, uji observasi dan terakhir ujian lisan (wawancara), dengan pademi Covid 19 saat ini, kegiatan dilakukan dengan protokol pencegahan Covid-19, kita sudah mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid kabupaten Bengkalis," kata Zainal.

Dalam pembukaan kegiatan Penerimaan Fasilitasi Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2020, langsung di buka oleh Wadir II Guswandi.

Guswandi dalam arahannya memberikan apresiasi kepada tim LSP P1 Polbeng yang sudah berkerja keras dalam kurun 1 tahun ini bisa melaksanakan 2 kali kegiatan Sertifikasi kepada mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis dengan total 400 orang.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Bengkalis yang di ketuai Zainal Abidin yang beranggotakan, Juli Ardita Pribadi sebagai Manejer Bidang Manajemen Mutu, Muhammad Ikhsan sebagai Manajer Bidang Sertifikasi, Abdul Hadi sebagai Manejer Bidang Administrasi & Keuangan, Syahrizal, sebagai Manejer Bidang Standarisasi, Puji Lestari Ningsih, sebagai Staf Administrasi & Keuangan, Dedi Hermawan, sebagai bidang Teknologi Informasi. ##DISKOMINFOTIK