Gubri Syamsuar Sampaikan 3 Strategi Utama Penanganan Covid-19

Teks foto: Gubi Syamsuar Sampaikan 3 Strategi Utama Penanganan Covid-19

 

MANDAU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsur menyampaikan 3 strategu utama penanganan Covid-19 kala melakukan Kunjungan Kerja (Kuker) dalam rangka asistensi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau Jumat, 23 Oktober 2020 di gendung Bathin Bertuah Kecamatan Mandau.

"Ada 3 Strategi Utama Penanganan Covid-19 untuk 8 provinsi yang juga termasuk Riau dan harus diikuti kabupaten yakni target hulu dan hilir," ucapnya. 

Target hulu sendiri merupakan pemutusan penambahan kasus harian. 

Dimana memiliki strategi 1 mendorong prilaku masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan dan mendorong strategi testing dan tracking yang tepat sasaran. 

"Startegi 2 yang juga masuk kedalam tager hulu yakni fasilitas karantina terpusat disediakan untuk pasien asymptomatic dan ringan sehingga RS tidak penuh dan mencegah penularan dengan keluarga. Lalu setiap kota yang memiliki kasus positif tinggi agar menyediakan fasilitas isolasi terpusat yang dilengkapi fasilitas kesehatan yang memadai untuk penanganan pasien OTG dan gejala ringan," ujarnya. 

Sementara target hilir merupakan recovery rate dan penurunan angka kematian dengan strategi 3 menerapkan protokol standar trapi penanganan pasien dan memastikan setiap RS rujukan memiliki bed capacity, medical supplies dan equipment yang memadai untuk menjalanka protokol tersebut.

Kemudian selain 3 strategi tersebut Gubri Syamsuar juga meminta Satgas agar memastika oprasi perubahan prilaku berjalan dengan baik serta ketersediaan pusat-pusat karantina mencukupi. 

"Kami berharap TNI, Polri, Satpol PP serta pihak lainnya bisa menerapkan pola ini agar setidaknya dapat menerapkan disiplin di masyarakat," harap Syamsuar. #DISKOMINFOTIK