Herawati: TP PKK Kabupaten Bengkalis Komitmen Tekan Kasus Stunting

Teks foto: Herawati: TP PKK Kabupaten Bengkalis Komitmen Tekan Kasus Stunting

BENGKALIS – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis berkomitmen menurunkan kasus stunting di Negeri Junjungan.

Komitmen tersebut ditunjukan TP PKK Kabupaten Bengakalis dengan dilakukannya sosialisasi stunting di Puskesmas  Selatbaru Kamis, 22 Oktober 2020.

“Ini adalah komitmen kerjasama kita dengan pemkab bengkalis untuk menurunkan kasus stanting di negeri ini,” kata Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Herawati.

Komitmen tersebut dipertegas pula dengan telah ditandatanginya Memorandum of Understanding (MoU) PKK beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita berkolaborasi bekerjasama mengatasi stunting ini, PKK tidak bisa sendiri tapi juga perlu dukungan pihak yang lainnya termasuk Kades serta Puskesmas,” ujarnya.

Herawati menjelaskan, sebagian besar masyarakat mungkin belum mengetahui yang disebut dengan stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak.

“Stunting adalah suatu kondisi, menampakkan tinggi badan seseorang yang lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada umumnya. Adapun penyebab anak terkena stunting adalah faktor gizi buruk dan faktor penyakit lain,” bebernya.

Ditambahkannya, penyakit Stunting memiliki dampak yang sangat buruk, yakni selain bentuk tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak juga bakal menurun dari anak-anak normal.

“Karena dampak Stunting yang begitu besar pada pertumbuhan anak, diperlukan penanganan serius dengan memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan balita serta menjaga lingkungan agar tetap terjamin kebersihannya,” terangnya.

Oleh Karenanya Herawati berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, masyarakat akan lebih memahami betapa pentingnya memperahtikan asupan gizi anak.

“Memang betul ini memang harus kita sosialisasikan. Makanan apa yang baik, yang bisa dikonsumsi untuk anak-anak kita,” lanjutnya. 

Terutama untuk ibu yang mempunyai anak bayi. Herawati berharap harus juga menjaga kesehatan sehingga bisa memelihara dan membimbing anak sehat.

Diakhir acara, Herawati memberikan bingkisan berisikan makanan sehat kepada sejumlah anak stunting di Desa Selatbaru. #DISKOMINFOTIK