Hari Santri Nasional, Kapolda Riau Jadi Inspektur Upacara

Teks foto: Kapolda Riau bersama Pj. Bupati Bengkalis kala tiba di Pondok Modern Nurul Hidayah Kecamatan Bantan, Kamis, 22 Oktober 2020.

BANTAN - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Santri Nasional di Pondok Modern Nurul Hidayah Kecamatan Bantan, Kamis, 22 Oktober 2020.

Meskipun dalam suasana hujan, para santri tetap semangat melaksanakan Upacara Hari Nasional yang dilaksanakan setiap tahun nya tanggal 22 Oktober.

Tiba di Pondok Modern, Kapolda Riau didampingi Pj. Bupati Bengkalis, Pimpinan Pondok Modern Ahmad Pamuji, Forkompimda dan rombongan.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan peringatan Hari Santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali indonesia, saat ini, tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Agung Setya menambahkan tema tersebut merupakan komitmen bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. 

"Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi Covid-19 ini dengan baik, insyaallah, negara kita juga akan sehat dan kuat," tutur Kapolda Riau.

Selanjutnya Agung Setya menambahkan modal utama yang harus dijaga tentang tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren yang tetap mengutamakan keselamatan santrinya.

"Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu. keluarga besar pesantren, santri, masyarakat Indonesia, dan warga dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik," harapnya.

Sementara itu Pj. Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi mengatakan sebagai santri, dimanapun dan siapapun, harus memiliki sifat kesantrian yang teguh dan memberikan nuansa kesantrian pada aktivitas keseharian. Harus ikut memberikan warna dalam perjalanan pembangunan menuju arah Kabupaten Bengkalis yang lebih maju.

"Seluruh santri harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan, setiap santri juga harus teguh memegang prinsip dan jati dirinya agar apa yang dilakukannya sesuai dengan kesantriannya yang berpegang teguh pada agama Islam," kata Syahrial.

Syahrial juga berharap setiap santri dan seluruh umat Islam di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini agar dapat dan senantiasa selalu memperkuat jiwa religius keislaman dan sekaligus juga jiwa nasionalisme kebangsaan.

Usai upacara juga dilakukan peremian lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf Pondok Modern Nurul Hidayah yang di awali dengan bubuhan tanda tangan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pj. Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi dilanjutkan dengan Pimpinan Pondok Ahmad Pamuji. ##DISKOMINFOTIK