Sebagai Wujud Tridharma Perguruan Tinggi, Polbeng Akan Membangun Desa

BENGKALIS - Hari ini, Sabtu, 5 September 2020 Wakil Direktur III bidang Kerjasama dan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bengkalis melakukan kujungan ke Desa Lubuk Gaung, Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil dan Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, sebagai komitmen Polbeng dalam program "Polbeng Membangun Desa". 

Dalam Program ini tim Polbeng turun ke Desa-desa untuk melakukan penjajakan kerjasama dan pemetaan kebutuhan serta permasalahan masyarakat dilapangan.

Kepala P3M Afridon mengatakan permasalahan masyarakat yang telah kita dapatkan akan kita upayakan solusinya dengan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) melalui program Penelitian dan Pengabdian masyarakat.

Selanjutnya Wakil Direktur III, Akmal Indra mengatakan Politeknik Negeri Bengkalis akan melakukan kerjasama dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada ditengah masyarakat juga sebagai wujud dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Dari hasil kunjungan tersebut dapat disimpulkan Desa Lubuk Gaung yang fokus dalam Pertanian Padi menginginkan adanya penerapan teknologi dapat membantu pekerjaan para petani dan irigasi yang baik. Selama ini masyarakat hanya menggunakan cangkul dan mengandalkan tenaga manusia dalam proses penanaman," kata Akmal.

Akmal menambahkan Desa Lubuk Muda yang salah satu potensi desanya merupakan produk salai lomek juga menginginkan adanya penerapan teknologi dalam proses produksinya. "UKM salai lomek prosesnya mengandalkan pengasapan dan itu membutuhkan waktu lama," kata Akmal lagi.

Selanjutnya Akmal menambahkan Desa Pangkalan Jambi yang telah terkenal dengan wisata mangrove nya menginginkan bantuan teknologi yang digunakan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Akmal juga memaparkan kegiatan tersebut akan di prioritaskan dalam Rencana Kerja P3M Polbeng tahun 2021. Polbeng juga akan terus menyelesaikan permasalahan dan keinginan masyarakat dengan penerapan teknologi Karya Cipta Civitas Akademika Polbeng. 

"Harapan kita dengan kegiatan Polbeng Membangun Desa dapat dirasakan oleh masyarakat banyak sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Negeri Junjungan untuk bersama-sama Polbeng membangun Desa". Harapnya. ##DISKOMINFOTIK