Khairul Umam : Saya Terharu Saksikan Video Heroik Hang Tuah

BENGKALIS - Cerita tentang aksi heroik Hang Tuah sang “pahlawan” penyelamat lambang negara bendara merah putih di Kabupaten Bengkalis, terus mengalir. Kali ini datang dari Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam bersama isteri Hj Nurhasanah.

Saking kagumnya dengan keberanian Hang Tuah, membuat politisi dari Partai Keadilan Sejahtera ini mengundang sosok penyelamat upacara penurunan bendera merah putih sempena Dirgahayu ke-75 Republik Indonesia tahun 2020, untuk makan malam bersama di rumah dinasnya di Jalan Antara Bengkalis.

Khairul Umam bersama sang isteri merasa terharu saat menyaksikan video aksi heroik Hang Tuah berada di tiang bendera. Terlebih ketika berada di atas, pada posisi sekitar 14 meter dari bumi, tangan kanan Hang Tuah tetap memeluk tiang bendera, dan tangan kirinya bersusah payah menggapai bendera.  

“Saat melihat video bang Hang Tuah. Saya dan isteri benar-benar terharu. Hati kami bercampur aduk, antara haru dan bangga dengan keberanian bang Hang Tuah. Makanya, kami langsung memutuskan untuk mengundang makan bersama,” ujar Khairul Umam.

Awalnya, alumni Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir berniat mengundang Hang Tuah makan siang. Namun karena kesibukan menjalankan tugas pada Selasa siang, akhirnya beliau memutuskan mengundang “pahlawan” penyelamat lambang negara ini, untuk makan malam.

Keputusan mengundang Hang Tuah, tidak hanya untuk sekedar makan malam, tapi Khairul Umum bersama sang isteri ingin tahu dan lebih dekat dengan sosok pria yang dikenal pendiam dan pemalu tersebut. 

“Kami hanya tahu bang Tuah lewat video atas aksi heroiknya. Kami ingin lebih dekat dengan sosok beliau. Alhamdulillah, malam ini kami bisa bertemu dengan bang Tuah,” tegasnya.

Menurut Khairul Umum, nama Hang Tuah seakan cocok dengan nama pahlawan dan lagendaris Hang Tuah dari Tanah Melayu. Hanya beda zamannya. Hang Tuah dari Negeri Junjungan Bengkalis, menjadi “pahlawan” penyelamat lambang negara. Sedangkan Hang Tuah dari Negeri Melaka, menjadi pahlawan pada zamannya. 

“Kami benar-benar salut, atas spontanitas dan aksi berani bang Tuah. Untuk atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada bang Hang Tuah,” kata pria yang pernah menjadi Imam di Masjid Chevron ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Mandau ini, mendoakan agar Hang Tuah diberikan kesehatan, semoga bernilai pahala dan dibalas di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. 

Pada acara makan malam bersama Ketua DPRD Bengkalis, turut mendampingi Hang Tuah, Sekretaris Diskominfotik Adi Sutrisno dan Kepala Seksi Penyediaan Konten Lintas Sektoral dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik, Darmawanto. ##DISKOMINFOTIK.