DKP dan TP PKK Bersinergi Optimalkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Teks foto: Kepala DPK, H Imam Hakim ketika memberikan sambutan pada kegiatan elatihan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan, di Balai Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu, Senin 10 Agustus 2020.

Praktik pengolahan pekarangan

BENGKALIS - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis, menggelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan, di Balai Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu, Senin 10 Agustus 2020.

Kegiatan ini diikuti TP-PKK Kecamatan Bukit Batu dan Kelompok Wanita Tani Cempaka Hijau yag turut di hadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan H.Imam Hakim,SP.,MSi, Camat Bukit Batu diwakili Sekretaris Kecamatan, Jundi Bustari.

Turut hadir juga Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis diwakili Kuwanto, SP dari POKJA 2, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP, Susy Hartati serta Kepala Desa Buruk Bakul dan Ketua TP-PKK Desa Buruk Bakul.

“Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan ini sengaja disejalankan dan disinergikan dengan salah satu Program PKK yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau yang dikenal dengan Istilah HATINYA PKK,” tutur Kepala DPK, H Imam Hakim.

Atas dasar tersebut adanya kaitan erat antara program yang ada di DKP dengan salah satu program pokok PKK, sehingga sengaja bersinergi dan bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Bengkalis dan TP PKK Kecamatan Bukit Batu dalam melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut.

“Disamping kelompok sasarannya sama, yakni ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, maupun Dasawisma dan PKK desa, kegiatan ini juga perlu disadari bahwa begitu pentingnya kaum ibu yang lebih memahami tentang kecukupan pangan di tingkat rumah tangga, apalagi di saat Pandemi Covid-19 yang belum pasti berakhirnya. Sehingga sangat dibutuhkan peran ibu-ibu untuk memaksimalkan pemanfaatan pekarangan dan dikelola sebagai sumber pangan yang dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tidak hanya sebatas pembekalan teori tentang budidaya tanaman,namun langsung dilaksanakan praktik di lapangan yang langsung diikuti oleh Ibu-Ibu TP-PKK dan kelompok wanita tani dengan bimbingan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

“Dan dikesempatan itu semua peserta pelatihan mendapat bantuan benih-benih tanaman sayuran yang dapat di tanam di lahan kelompok maupun di pekarangan rumah masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Bukit Batu dalam sambutannya mengharapkan agar tidak hanya peserta pelatihan ini saja yang menanami lahan pekarangan, namun mesti ditularkan kepada semua ibu rumah tangga khususnya di Kecamatan Bukit Batu.

“Kita berharap tidak ada lagi lahan pekarangan yang tidak diolah atau dimanfaatkan,” ucapnya.

Hal senada sebagai bagian dari sebuah motivasi, Ketua TP PKK diwakili Pokja 2 juga menerangkan bahwa melalui program HATINYA PKK, nantinya juga akan dilakukan penilaian, sehingga TP-PKK desa mampu mengajak masyarakat lainnya untuk mengolahan pekarangan rumah menjadi halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman, serta memiliki manfaat  yang banyak.#DISKOMINFOTIK