Bengkalis Bakal Jalankan Gerakan Desa Aman Covid-19

Teks foto: video telekonfrensi yang digelar di ruang hang jebat

BENGKALIS -  Kabupaten Bengkalis bakal menjalankan gerakan Desa Aman Covid-19, seperti mana yang diinstruksikan Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian Senin, 10 Agustus 2020 melalui video telekonfrensi bersama Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Jika sebelumnya dinamakan gerakan Desa Lawan Covid-19 namun kini muncul gerakan Desa Aman Covid-19.

Menteri Tito Karnavian mendorong pelaksanaan gerakan Desa Aman Covid-19. Salah satunya melalui sosialisasi penggunaan masker secara masif di desa-desa.

Menurut Mendagri, gerakan penggunaan masker di desa-desa sebenarnya telah didorong oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar bersama seluruh jajaran Kementerian Desa.

“Adanya kerja sama ini diperkuat untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 di desa masing-masing,” ujar Tito Karnavian.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis Bustami HY meminta tindakan langsung yang dilakukan TP PKK Kabupaten Bengkalis bersama seluruh perangkat Desa.

“Sebelum gerakan ini ada, TP PKK seperti kita ketahui juga telah melakukan pembagian masker. Namun kali ini kami minta untuk dilakukan rata di setiap desa di Kabupaten Bengkalis,” kata Bustami.

Kemudian selain pembagian masker lanjut Bustami dalam gerakan Desa Aman Covid-19 ini nantinya TP PKK juga bergerak untuk melakukan sosialisasi dengan melibatkan ibu-ibu PKK dalam program sosialisasi secara door to door di setiap desa.

“Kita berharap Kabupaten Bengkalis bisa memenuhi standar Desa Aman Covid-19 yakni kampanye adaptasi kebiasaan baru, menerapkan secara ketat adaptasi kebiasaan baru, regulasi terkait adaptasi kebiasaan baru, merawat ruang isolasi desa, mempertahankan pos jaga desa dan melaksanakan desa Aman Covid-19,” harap Bustami.

Ikut dalam video telekonfrensi yang digelar di ruang hang jebat tersebut Kalaksa BPBD Bengkalis Tajul Muddaris, Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra TH, Sekretaris Bapenda Bengkalis Bambang Irawan, Sekretaris Bappeda Rinto, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Asnurial, Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Diskominfotik Nasril dan sejumlah TP PKK Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar