Plh. Bupati Bengkalis Pimpin Apel Persiapan Menuju New Normal

Teks foto: Pelaksanaan harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY memimpin apel gabungan dalam rangka persiapan penerapan New Normal, Kamis 11 Juni 2020, di halaman Kantor Camat Mandau.

MANDAU - Pelaksanaan harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY memimpin apel gabungan dalam rangka persiapan penerapan New Normal, Kamis 11 Juni 2020, di halaman Kantor Camat Mandau.

Peserta apel persiapan new normal itu, terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, BPBD Bengkalis dan ASN.

Bustami mengatakan, kegiatan apel persiapan menjuju new normal life ini, merupakan tindak lanjut dari pemerintah pusat dalam rangka persiapan menujuju tatanan kehidupan baru atau disebut new normal life penanganan Covid-19. Sebagaimana diketahui bersama pelaksanaan PSBB yang lalu, banyak aktifitas masyarakat dibatasi serta tidak diperbolehkan.

Namun kedepan dengan penerapan new normal ini, aktifitas masyarakat dan kegiatan sektor lainnya secara bertahap dapat dibuka kembali, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan ketat.

Kata Bustami, new normal ini bertujuan untuk meningkatan kesadaran masyarakat untuk disiplin dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, penerapan sosial baru dengan tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir.

“Sasaran penerapan new normal terutama di tempat-tempat keramaian atau ruang publik seperti pasar, kendaraan angkutan umum, rumah ibadah, sekolah serta lokasi lainya yang wajib diantisipasi bersama,” ujar Sekda.

Lanjut Bustami, Ditempat-tempat ruang publik tersebut, wajib menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, petugas pengecek suhu tubuh dan lainnya yang wajib disediakan sesuai aturan protokol kesehatan.

“Sesuai dengan pernyataan Presiden RI bahwa hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan berarti menyerah dan persimis, justru menjadi titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat untuk dapat beraktifitas kembali, namun tetap memprioritaskan keselamatan masyarakat dari penyebaran covid-19,”ujanya.

ia juga menambahkan, pemerintah senantiasa berupaya mengatur agar kehidupan seperti biasanya secara beransur-ansur dapat kembali berjalan normal, tentunya hal ini tidak terlepas dukungan masyarakat agar terus disiplin serta mematuhi protokol kesehatan secara istiqomah.

Usai apel dilanjutkan dengan deklari anti norkoba dan dilanjutkan peninjauan pasar dan Mandau City.

Terlihat hadir pada apel tersebut, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, perwakilan Dandim 0303/Bengkalis, Kajari Bengkalis yang diwakili Kasi Intel Nico Fernando, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra.

Kemudian, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kasmarni, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Haholongan, Kadis Sosial Hj. Martini, Kalaksa BPBD yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 H. Tajul Mudarris, seluruh camat serta sejumlah pejabat lainnya dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis maupun instansi terkait di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.#DISKOMINFOTIK