H Bustami HY, “Kabupaten Bengkalis Siap Sosialisasikan Instruksi Presiden Tentang New Normal”

Teks foto: Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY ketika meninjau titik pemeriksaan Covid-19 di Desa Pangkalan Libut Kecamatan Pinggir, Rabu, 27 Mei 2020

DURI – Seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Bengkalis beserta tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah ini, siap dan akan berupaya optimal untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo itu.

Yakni, agar melakukan sosialisasi secara besar-besaran mengenai new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan H Bustami HY di sela-sela peninjauan check point atau titik pemeriksaan penangangan Covid-19 di Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Rabu, 27 Mei 2020.

“Insyaallah kita siap untuk menyosialisasikannya secara masif kepada masyarakat sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo tersebut” jelasnya.

Selain Camat Pinggir Azuar, ikut mendampingi H Bustami HY meninjau titik pemeriksaan di Pangkalan Libut, diantaranya Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay dan Wakapolres Bengkalis Kompol Roni Syahendra.

Lalu, Asisten Perkonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Kalaksa BPBD H Tajul Mudarris, kadis Perhubungan Djoko Edy Imhar, Kadis Kesehatan Esan Saputra TH, dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.

Sosialisasi Besar-Besaran

Sebelum itu, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk melakukan sosialisasi secara besar-besaran mengenai new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi Covid-19.

"Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru yang sudah disiapkan oleh Kemenkes ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat," kata Jokowi saat memimpin rapat kabinet terbatas lewat video conference, Rabu, 27 Mei 2020, sebagaimana dikutip dari msn.com, dalam berita bertajuk ‘Jokowi Instruksikan Sosialisasi New Normal secara Masif’.

Masih mengutip sumber yang sama, Jokowi menyebut, sosialisasi yang masif akan membuat masyarakat lebih memahami apa yang harus dilakukan saat beraktivitas di luar rumah.

Misalnya, mulai dari menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, hingga soal larangan berkerumun.

Hal itu untuk menghindari penularan virus corona atau Covid-19.

"Kalau sosialisasi ini betul-betul bisa kita lakukan secara masif, saya yakin kurva betul-betul bisa kita turunkan. Dan ini sudah kita lihat di beberapa provinsi bisa kita kerjakan," kata Jokowi.

Adapun penerapan new normal ini dilakukan agar masyarakat bisa tetap produktif namun aman dari Covid-19. #DISKOMINFOTIK