Cegah Covid-19, Akses ke Pantai Selatbaru Ditutup

Teks foto: Jalan akses menuju pantai selatbaru di tutup sementara dalam rangka mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19.

 

BANTAN – Sudah menjadi tradisi bagi warga Bengkalis, mengisi waktu Lebaran, selain berkunjungan ke rumah sanak saudara, juga datang ke Pantai Indah Selatbaru. Namun mulai saat ini, bagi yang punya niat, lebih baik ditunda, jika tidak ingin dihentikan dan diperintahkan putar balik oleh petugas.

Sejak Selasa 26 Mei 2020, akses menuju lokasi wisata Pantai Indah Selatbaru dibatasi oleh petugas. Artinya bagi warga yang ingin bertamasya atau rekreasi menikmati pantai, usai berkunjung dan bersilaturahmi di rumah sanak saudara, tidak dibenarkan. 

Mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, petugas dari kepolisian, TNI, perangkat pemerintahan desa hingga kepala dusun, siaga menjaga akses masuk, tepatnya di persimpangan tiga Dusun Parit Dua dan Parit Tiga.

Diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Wisata Kecamatan Bantan, Chandra Kusuma, langkah penutupan akses ke Pantai Indah Selatbaru sebagai tindaklanjut pemberlakukan Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 39 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Bengkalis.

“Pada bulan Syawal khususnya pada awal sekali pengunjung datang ke Selatbaru. Para pengunjung yang datang pada umumnya dari luar daerah yang kita tidak tau asal usulnya, maka untuk mengantisipasi panularan virus Corona, untuk sementara akses ke pantai dibatasi,” terangnya.

Teknis di lapangan, setiap kendaraan yang ingin melintas, langsung dihentikan oleh petugas, ditanyai maksud tujuan. Jika beralasan ingin, bersantai ke pantai, langsung diminta untuk putar balek. Disamping itu, warga yang bersangkutan juga disarankan untuk selalu menggunakan masker.

Bagaimana jika yang melintas atau keluar masuk, merupakan warga setempat untuk keperluan pribadi. Diungkapkan Chandra, bagi warga setempat tentu ada perlakukan khusus. Namun tetap harus mengedepankan protokol kesehatan, seperti harus menggunakan masker.

“Tidak hanya itu, petugas tetap menasehati, agar selalu menjaga jarak, selalu menjaga kebersihan dan mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah,” ungkapnya.

Pada saat penutupan hari pertama, ditinjau langsung Camat Bantan Supandi, Kapolsek Bantan Indra Lukman Prabowo, Danramil 01 Bengkalis Kapt Arh Isnanu, Kepala UPT Pengelolaan Wisata Kecamatan Bantan Chandra Sukma, Kepala Desa Selatbaru Nendang Rahayu.#DISKOMINFOTIK