Plh Bupati Bengkalis Tinjau Posko Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kecamatan Rupat

Teks foto: Plh Bupati Bengkalis, H Bustami HY didampingi Dandim 0303/Bengkakalis, Letkol Inf Lizardo Gumay, ketika melakukan peninjauan UPT Poskesmas Batu Panjang Kecamatan Rupat dan menyapa masyarakat yang sedang berobat, Kamis, 16 April 2020.

Pengecekan suhu tubuh pengguna jasa kapal penyebrangan Dumai-Rupat

BATU PANJANG – Pintu masuk setiap kecamatan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mengetahui status kesehatan masyarakat yang mungkin terpapar Virus Corona (Covid-19) terutama yang datang dari daerah terdampak.

“Terutama di tempat-tempat jalur transportasi umum, seperti pelabuhan penyebrangan yang ada di Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, juga harus diawasi agar mata rantai penyebaran Virus Covid-19 dapat kita putuskan,” Tutur Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis, H Bustami HY.

Ungkapan itu disampaikannya disela-sela peninjauan Posko Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di UPT Puskesmas Batu Panjang dan Pelabuhan Penyebrangan Tanjung Kapal di Kecamatan Rupat, Kamis, 16 April 2020.

Monitoring yang dilakukan ini juga untuk mengetahui langsung persiapan Tim Gugus Tugas dalam menangani masyarakat yang mungkin terdeteksi memiliki gejala-gejala penderita wabah yang telang marak di dunia akhir-akhir ini.

”Kita harus berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat kita tidak kena Covid-19 yang mungkin tertular dari kawasan terjangkit. Persoalan ini harus betul-betul kita sikapi agar masyarakat kita kembali dapat menjalankan aktivitas sebagaimana biasa tanpa khawatir terpapar virus yang cukup berbahaya ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Bustami terus menghimbau ke masyarakat dalam tinjauannya agar saat ini tidak melakukan aktivitas di luar rumah dengan sifat yang tidak penting, serta tetap mengenakan alat pelindung diri jika memang melakukan aktivitas di luar ruangan agar tidak  terpapar Covid-19.

“Kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kecamatan Rupat, kami ucapkan terima kasih atas dedikasinya dalam mengawal penyebaran wabah ini. Tetap semangat dan terus ingatkan masyarakat kita agar terhindar dari virus ini,” harapnya kepada petugas.

Saling koordinasi antara pihak kesehata, camat, Polri dan TNI harus tetap terjaga agar dapat bersama-sama melakukan langkah-langkah pencegahan yang kesemuanya adalah untuk masyarakat umum.

“Bila dideteksi ada masyarakat kita yang menunjukkan gejala, segera laporkan kepada pimpinan dan pihak-pihak terkait agar kita semua dapat melakukan penanganan sesuai standarnya. Tapi mudah-mudahan di kabupaten kita tidak ada yang terpapar,” harapnya.

Turut serta dalam tinjauan itu Dandim 0303/Bengkakalis, Letkol Inf Lizardo Gumay, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis, H Heri Indra Putra, Kalaksa BPBD, Tajul Mudarris, Kadis Kesehatan, dr Ersan Saputra Kadis Perhubungan, Djoko Edi Imhar, Kadis PMD, H Yuhelmi, Kadis Kominfotik, Johansyah Syafri, Kaban Kesbangpol, H Hermanto, Camat Rupat, Khairunazri, Kabag Prokopim, Muhammad Fadli dan Kabag Umum, Alfakhrurrazy, serta sejumlah petugas lainnya.#DISKOMINFOTIK