Bangkit, Lagu Cegah Covid-19 Ciptaan Anak Watan Bengkalis

BENGKALIS – Bangkit. Sepenggal kata menjadi judul sebuah lirik lagu yang diciptakan anak watan Kabupaten Bengkalis, Wan Rahil Apriliady (16) pelajar kelas 10 SMAN 2 Bengkalis.

Memanfaatkan libur stay at home dampak dari wabah wabah Corona Virus Disease Virus 2019 (Covid-19), sekaligus tugas mandiri dari sekolah, Wan Rahil Apriliady berkarya membuat sebuah lagu untuk penyemangat dan motivasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menghadapi Covid-19.

Lagu berjudul Bangkit, karya dari Wakil Ketua II Osis SMAN 2 Bengkalis, sudah diupload di media sosial Instagram pemilik akun wanrhl, dengan kalimat ajakan “Mari bangkit dan berubah menjadi senjata sepadan melawan pandemi ini.”

Dalam video berdurasi 2 menit 42 detik, Rahil mengenakan seragam lengkap putih abu-abu, memetik senar gitar dengan gaya instrumen country. Siapa pun yang mendengar suara petikan senar gitar, dapat dipastikan terpikat. Itu belum mendengarkan lirik lagu yang dibawakan dengan penuh percaya diri.

Berikut sepenggal bait lirik yang dibawakan putra kedua dari pasangan H Wan Ibrahim pegawai Kantor Imigrasi Bengkalis dan Erna Zulianty guru di SMAN 2 Bengkalis ini, yakni,

Jangan cemas jangan panik
Apa lagi sampai frustasi
Ayo lawan pandemi ini
Covid-19 kita kan perangi

Inspirasi ini muncul setelah menyaksikan, mendengar dan membaca berita seputar hiruk-pikuk wabah virus Corona yang sudah sangat mengkhawatirkan rakyat Indonesia, khususnya Kabupaten Bengkalis.

Lewat lirik lagu sebanyak 23 baris dengan 97 karakter (kata), Wan Rahil berusaha untuk mengajak seluruh elemen negeri ini, untuk bangkit dan bangkit, jangan cemas dalam memerangi Covid-19.

Tak hanya itu, sebagaimana imbauan pemerintah, Wan Rahil kembali mengajak dan mengingatkan agar masyarakat untuk membudayakan hidup bersih. Kemudian memakai masker jika keluar rumah, hindari keramaian, rajin olahraga dan istirahat.

Disinggung proses pembuatan lagu ini. Menurut pemuda yang punya banyak prestasi pada seni tarik suara tingkat kabupaten ini, pembuatan lirik lagu bertemakan bangkit untuk melawan wabah Covid-19 ini diciptakan oleh Rahil pada Jumat 10 April 2020 dalam waktu singat, yakni setengah hari.

Setelah mencoret-coret lirik lagu, lengkap dengan nada-nada instrumen, dilanjutkan dengan pembuatan pembuatan video sekaligus editing, mixing audio dengan menggunakan media handpone. Proses pembuatan video full yang siap untuk diputar memakan waktu satu hari. Ditopang perpaduan petikan senar gitar yang dikombinasi dengan alat musik marakas, akhirnya menjadi sebuah tembang lagu apik sebagai penyemangat cegah Covid-19

Melalui lirik lagu yang diciptakan ini, peraih juara pertama pada Festival Lagu Pop dalam rangka Class Meeting di SMA Negeri 2 Bengkalis 18 Desember 2019, berupaya mengajak masyarakat dan seluruh elemen ini untuk bergandeng tangan dalam mencegah Covid-19.

Intinya, dalam menghadapi musibah ini, semua harus sabar dan tidak panik. Sebab menurut Wan Rahil, semua cobaan yang diturunkan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pasti ada hikmat yang dapat dipetik.

Berikut secara lengkap lirik lagu karangan Wan Rahil Apriliady, sebagai berikut:

BANGKIT

Jangan cemas jangan panik
Apa lagi sampai frustasi
Ayo lawan pandemi ini
Covid-19 kita kan perangi

Tak sama sekali sulit
Apalagi keluar banyak duit
Situasi seperti ini
Kalau bukan kita yang bangkit
Lalu siapa lagi?

Ayo budayakan hidup bersih
Lindungi orang lain dan dirimu sendiri
Anjuran pemerintah harus di patuhi
Ikuti saja langkah langkah ini

Cuci tangan setelah memegang sesuatu
Gunakan masker jika keluar dari rumah mu
Jangan kemana mana dirumah aja dulu

Jika ada keramaian hindari saja dulu
Rajin olahraga dan istirahat yang cukup
Selalu jaga kekebalan imun tubuh
Dan lingkungan yang bersih
Itu sudah tentu