Rencana Pemulangan TKI Satu Pintu Lewat Dumai:

Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY, “Apapun Kebijakan Pemprov Riau, Akan Kita Dukung”

Teks foto: Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY memberikan arahan kepada Kadis Kominfotik di sela-sela pertemuan dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Jumat malam, 27 Maret 2020

BENGKALIS – Mulai hari ini, Sabtu, 28 Maret 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dikabarkan mengambil kebijakan seluruh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Riau yang pulang dari negara terjangkit Covid-19 Malaysia hanya melalui satu pintu. Hanya diperbolehkan lewat pelabuhan Dumai.

Sebelumnya, mereka pulang dari Malaysia ke Tanjung Balai Karimun. Baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Riau dapat melalui beberapa pelabuhan seperti Tanjung Harapan Selatpanjang (Kabupaten Kepulauan Meranti) dan Bandar Sri Laksamana (Kabupaten Bengkalis) dan pelabuhan Dumai (Kota Dumai),

Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Bengkalis H Bustami HY menegaskan, apapun skenario yang dilakukan Pemprov Riau, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan mendukungnya.

“Jika kebijakan itu memang jadi dilaksanakan hari ini, kita akan ikuti. Khusus untuk TKI asal Kabupaten Bengkalis, selain tetap akan dilakukan prosedur penanganan Covid-19 sesampainya di daerah kita, mereka juga akan kita jemput di Dumai,” jelas H Bustami HY.

Ditambahkannya, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis sudah ditugaskan menyiapkan armada untuk penjemputan dimaksud.

Didampingi Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Hermianto, dan Kadis Perhubungan Djoko Edy Imhar, dan Kadis Kesehatan Ersan Saputra, hal itu dikemukakan H Bustami HY usai mengadakan pertemuan dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis di kediaman resminya di Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Jumat malam, 27 Maret 2020.

Kepada seluruh TKI asal Kabupaten Bengkalis yang akan pulang hari ini dari Tanjung Balai Karimun, Sekretaris Daerah Bengkalis ini berpesan untuk ikut mendukung kebijakan Pemprov Riau itu.

“Tak usah khawatir bagaimana caranya nanti pulang dari Dumai ke Bengkalis. Ikuti kebijakan itu dan tenang. Kita akan jemput. Kadis Perhubungan sudah kita instruksikan menyiapkan armada untuk itu,” imbuhnya.

Sedangkan untuk cek kesehatan mereka, kata H Bustami HY, jika memang jadi pulang lewat pelabuhan Dumai, khusus untuk TKI yang pulang ke Kecamatan Bengkalis dan Bantan, akan dilakukan di pelabuhan feri penyeberangan Tanjung Pagar, Desa Air Putih.

“Meskipun sebelum pulang ke Bengkalis tentu sudah dicek oleh tim medis yang disiapkan Pemprov Riau, namun sesampainya di Bengkalis mereka akan dicek ulang. Kadis Kesehatan sudah kita perintahkan untuk menyiapkan tenaga kesehatan untuk itu,” imbuh H Bustami HY.

Sesuai arahan Pemerintah Pusat, sesampainya di Bengkalis, para TKI yang sudah menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 langsung diperbolehkan pulang ke kediaman masing-masing untuk melaksanakan karantina mandiri.

“Kecuali mereka yang hasil cek kesehatannya nanti menunjukkan gejala Covid-19, seperti suhu tubuh di atas normal, akan langsung dilakukan karantina oleh Dinas Kesehatan,” paparnya.

Menurut informasi, meskipun belum diketahui jumlah pastinya, TKI asal Bengkalis yang akan pulang hari ini jumlahnya mencapai ratusan orang.

Adapun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis lainnya yang hadir dalam pertemuan itu, diantaranya Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Hj Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra.

Kemudian, Kalaksa BPBD H Tajul Mudarris, Kadis PMD Yuhelmi, Inspektur Rafiardhi Ikhsan, Kepala Badan Kesbangpol Hermanto Baran, Kadis Sosial Hj Martini, dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri. #DISKOMINFOTIK