Dosen Polbeng Pengabdian Masyarakat Pada Kopi Kap Bengkalis

Teks foto: Dosen Polbeng Pengabdian Masyarakat Pada Kopi Kap Bengkalis, Rabu, 11 Maret 2020 di Gerai Jalan Antara Bengkalis.

BENGKALIS - Sebagai bentuk perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen Politeknik Negeri Bengkalis melakukan pengabdian masyarakat pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kopikap Bengkalis, Rabu, 11 Maret 2020 di bertempat di Gerai Kopi Kap Jalan Antara Bengkalis.

Kegiatan pengabdian ini terkait dengan pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM yang merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada pihak yang memerlukan informasi terkait aset dan kekayaan yang badan usaha tersebut miliki.

Keberadaan UMKM tersebar luas di Indonesia, salah satunya UMKM yang terdapat di Kota Bengkalis, yakni Kopikap.

Sebagai salah satu usaha kecil yang baru berkembang, Kopi Kap memiliki komitmen untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha dengan skala yang lebih luas.

Muhammad Fikri Suhada sebagai perwakilan dari Manajemen Kopikap mengatakan  penyusunan Laporan Keuangan untuk mengelola aset dan manajemen agar lebih baik lagi ke depannya.

“Laporan keuangan ini kami harap dapat memberikan informasi kepada pihak eksternal apabila ingin melakukan perkembangan usaha nantinya,” kata Fikri.

Tim pengabdian terdiri dari Nur Anita dan Novira Sartika. Keduanya merupakan dosen Prodi Akuntansi Keuangan Publik Politeknik Negeri Bengkalis.

Tim ini membawa tiga orang mahasiswa sebagai bentuk partisipasi dan pembelajaran praktek penyusunan laporan keuangan secara langsung.

Novira Sartika mengatakan pemahaman akan penyusunan laporan keuangan yang baik, merupakan salah satu unsur penting bagi keberlangsungan badan usaha mengingat peluang berkembangnya UMKM di Bengkalis cukup besar.

“Seperti kita ketahui bersama, dengan adanya UMKM dapat memberikan kesempatan kerja sehingga mengurangi tingkat pengangguran di kota Bengkalis,” kata Novira.

Sementara itu Nur Anita berharap dengan pengabdian ini, dapat membantu manajemen Kopikap menyusun laporan keuangan sederhana, sehingga kedepannya pengelolaan aset dan manajemen di Kopikap terkait produk dapat semakin baik sehingga dapat meningkatkan laba usaha dan mampu bersaing di tengah maraknya UMKM di Kota Bengkalis. ##DISKOMINFOTIK