Staf Baznas Belajar Manulis Berita ke Diskominfotik, Johansyah: Carilah yang Paling Bernas dan Paling Layak untuk Disampaikan

Teks foto: Peserta pelatihan menulis berita sedang mendengarkan penjelasan dari Kadis Kominfotik Johansyah Syafri

BENGKALIS - 2 staf Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, belajar menulis berita ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Selasa, 10 Maret 2020.

Kedua staf Baznas itu adalah Bagas dan Nia Sarah, mereka mempelajari ilmu jurnalistik untuk menigkatkan kapasitas dalam mempublikasi kegiatan Baznas melalui berita.

Bagas dan Nia belajar langsung dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Johansyah Syafri, di ruang rapat Diskominfotik.

Johansyah mengatakan, menulis informasi itu harus dikuasai secara penuh, seperti, tempatnya dimana, apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, apa yang diberikan kalau perlu berpaa jumlah yang diberikan.

"Dalam suatu kegiatan pasti ada informasi yang bernas, carilah yang paling bernas dan paling layak untuk disampaikan," jelas Johan.

Kemudian, sambung Johan, Berita juga harus dibuat sejelas-jelasnya dan sesingkat- singkatnya.

"Menulis itu mudah, namun sebagian orang takut salah, dan kekurangan kosa kata," ungkapnya.

Agara kaya kosa kata, Johan menyarankan agar Bagas dan Nia membuka Kamus Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEB) versi Web.

"Menulis harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan membenarkan yang biasa, tapi membiasakan yang benar," paparnya.

"Kala ada kata yang ragu, buka android cari kamus bahasa Indonesia, buka KBBI Daring, jadikan di layar utama dan cari juga PUBI daring, ini penting kalau mau jadi penulis," sambungnya.

Selain disaksikan Staf Sumber Daya Komunikasi dan Informasi, Diskominfotik Shada, pelatihan menulis ini juga diikuti, Staf Desa Resam Lapis Iir Firmansyah.#DISKOMINFOTIK