BumDes Air Putih Gelar Bagi Hasil Gebyar Unit Simpan Pinjam

Teks foto: Unit Simpan Pinjam (USP) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Air putih Minggu, 8 Maret 2020.

BENGKALIS - Unit Simpan Pinjam (USP) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Air putih Minggu, 8 Maret 2020, menggelar gebyar bagi-bagi hadiah.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan format baru dalam Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT). USP tersebut sebelumnya bernama UED-SP dan merupakan salah satu unit usaha BUMDes.

Dihadapan pemanfaat, Ketua USP Nurhayati, menjelaskan sisa hasil usaha pada unit USP tahun 2019 sebesar Rp. 46.888.000.

“Dari SHU sebesar Rp46.888.000 dibagi beberapa item, di antaranya Rp23.444.000  untuk Pades, Rp23.444.000 untuk Cadangan Modal, Hadiah Pemanfaat, Dana Sosial, dan Doorprize,” kata Nurhayati.

Dikatakan, dana sosial disumbangkan untuk warga yang mengalami sakit terlantar berupa sembako sebanyak 13 Orang.

Disamping itu juga Direktur Bumdes Indo marlinton mengatakan, pengelola USP bertekad memperbaiki kekurangan dan berusaha ke arah yang lebih baik serta mengajak pemanfaat agar bisa membayar angsuran pinjaman dan tidak marah jika dikunjungi petugas.

"Mewakili pengurus semoga bisa kami perbaiki dan akan lebih baik untuk masa akan datang dan kepada pemanfaat yang menunggak agar bisa membayar angsurannya,” kata Indo.

Sementara itu Kepala Desa Air putih M Syaifuddin  mengucapkan terimakasih kepada pendamping Desa ekonomi, Bumdes dan pengelola USP serta menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir tidak dapat melakukan pencairan dana USP.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pengelola USP atas terselenggaranya gebyar bagi hasil ini. Dalam beberapa bulan ini tidak ada pencairan dana USP, alasannya pertama karena tingkat pengembalian pembayaran nasabah cukup kecil sehingga mempengaruhi dana yg ada direkening USP.

Sementara itu Sekcam Bengkalis  mengajak kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa air putih agar tidak sekedar gebyar bagi-bagi hadiah melainkan momen membangkitkan semangat menjadi BUMDes percontohan.

"Mari sama-sama bangkitkan semangat kita tidak sekedar gebyar bagi hadiah tapi bekerjasama untuk mewujudkan bumdes percontohan ," katanya

Gebyar bagi-bagi hadiah di halaman stadion Muhammad Ali Desa Air putih dan dihadiri Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, Kasi Pengelolaan pelayanan Sosial Dasar dan Pemberdayaan Masyarakat Tarmizi.

Koordinator Pendamping Desa Bidang Ekonomi bahktiar Kodri, Korcam Bengkalis Bery Pratama, Pendamping Desa Ekonomi Air Putih Budiyono, Ketua BPD Beserta Anggota, Kelembagaan desa dan Pemerintahan Desa, dan Pemanfaat Unit Simpan Pinjam Panglima Minal Desa Air Putih. ##DISKOMINFOTIK