BUM Desa Wonosari Gelar Audiensi Dengan DLH Kabupaten Bengkalis

Teks foto: BUM Desa Wonosari Lakukan Audiensi Dengan DLH Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - Dalam upaya untuk membangun kerjasama dibidang pengelolaan dan pengolahan sampah dilingkungan masyarakat Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Unggul Sari Desa Wonosari melakukan Audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, acara yang digelar di ruang rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, Selasa 03 Maret 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) diwakili sektretaris Dinas Andris Wasono dan didampingi Kepala Seksi Penanganan sampah, Azmar, sementara rombongan dari BUM Desa Unggul Sari dipimpin langsung oleh Direktur BUM Desa H Irman, SH, didampingi oleh Sekretaris BUM Desa Ruliono dan Ayu Astuti selaku Pendamping Desa Ekonomi Desa Wonosari.

Direktur BUM Desa Unggul Sari, H rman, SH menjelaskan bahwa tujuan pihak BUM Desa Unggul sari ingin membangun komunikasi dan melakukan audiensi adalah untuk melakukan penjajakan dan menyampaikan rencana akan dibukanya Unit Jasa Pengelolaan Sampah.

"Tujuan kami menginginkan membangun komunikasi dan melakukan audiensi dengan Kepala Bidang DLH adalah untuk melakukan penjajakan dan sekaligus menyampaikan rencana akan dibukanya Unit Jasa Pengelolaan Sampah oleh BUM Desa Unggul Sari tahun 2020 ini,"ungkap H Irman.

H Irman menambahkan bahwa dari Penyertaan Modal BUM Desa Unggul Sari yang diperoleh dari Dana Bantuan Keuangan Khusus (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2019 yang lalu, maka sebahagian dana diperuntukkan sebagai dana awal pembukaan dan pengembangan Unit Jasa Pengelolaan Sampah, sehingga sebelum program unit tersebut dimulai, maka langkah awal kami adalah membangun Komunikasi dan audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidip Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, Andris Wasono mengatakan pihak DLH mengapresiasi dan menyambut baik terhadap rencana usaha yang akan dibuat oleh BUM Desa Unggul Sari. 

"Ini adalah hal positif dan merupakan terobosan yang sangat baik, hanya saja dalam perjalanannya kedepan tentunya pihak BUM Desa dan DLH harus duduk bersama membicarakan persoalan tekhnis pelaksanaannya," harap Andris Wasono.

Ruliono selaku Sekretaris BUM Desa Unggul Sari memaparkan rencana unit usaha yang akan dikelola, yaitu Unit Jasa Pengelolaan Sampah, hal ini direncanakan sebagai tanggapan dari persoalan yang timbul di tengah masyarakat, yaitu masalah penanganan sampah rumah tangga yang ada di Desa Wonosari, dan tentunya diharapkan dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes).#DISKOMINFOTIK