KKN di Desa Bukit Batu BEM Polbeng Gelar Berbagai Kegiatan

BENGKALIS - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program kerja pertama yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Bengkalis pada tahun ini.

Periode sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan tersebut, tetapi dikenal dengan Pengabdian Masyarakat, namun atas usul yang baik dari Pembina Teguh Widodo maka kegiatan tersebut diganti nama menjadi KKN.

BEM Polbeng Kabinet Sinergi di bawah komando Kementerian Sosial dan Politik, yakni M. Fadli yang menjadi Ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut, yang diadakan di Desa Bukit Batu.

Kegiatan KKN diikuti sebanyak 48 orang peserta KKN, terdiri dari 21 wanita, dan 27 pria.

Dalam pembukaan KKN BEM Polbeng dilaksanakan di kantor Desa Bukit Batu yang dihadiri oleh Sekretaris Camat Bukit Batu, Kepala Desa Bukit Batu dan jajarannya, serta staff.

Sekretaris Camat Bukit Batu, Jundi Mustari dalam kata sambutan nya berharap agar kehadiran KKN BEM Polbeng di Desa Bukit Batu berdampak baik bagi masyarakat, terkhusus memotivasi anak-anak dalam bidang pendidikan. 

Presiden Mahasiswa Polbeng Alwi Azis Husien R juga dalam kata sambutan nya “Pelaksanaan KKN ini juga akan difokuskan ke tempat objek wisata di Desa bukit Batu. Selain itu akan ditambahkan dengan penanaman bibit yang akan dilakukan setiap hari nya," kata Alwi.

KKN tersebut juga melakukan beberapa kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat, yaitu kegiatan sosialisasi Ibu PKK, penanaman bibit, sosialisasi ke beberapa sekolah SD-SMP, pondopo belajar, penyuluhan narkoba dengan masyarakat, nonton bersama masyarakat Bukit Batu, dan lain-lain.

Dalam Sosialisasi Ibu PKK dikoordinir langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Sari Ade Wahyuni yaitu Menteri Pemperdayaan Perempuan BEM Polbeng yang menjadi pemateri kegiatan sosialisasi.

Sosialisasi tersebut mengangkat tema “E-commerce dan Bahaya Gadget”.

Tujuan pemateri menyampaikan tema tersebut agar Ibu PKK dapat menggunakan gadget lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan dengan berbagai aplikasi yang ada, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, dll. Respon Ibu PKK dengan ada nya sosialisasi tersebut sangat antusias dan disambut ramah oleh Ibu-Ibu tersebut. 

Sementara itu juga dilaksanakan penanaman bibit yang bertujuan untuk penghijauan Desa Bukit Batu.

Jumlah bibit yang ada sekitar 300 bibit, yakni durian, nangka, gaharu, rambutan, dll.. Pembukaan kegiatan penanaman dibuka langsung oleh Kepala Desa Bukit Batu. “Semoga bibit yang adek-adek berikan dan kita tanam bersama ini, 10 atau 20 tahun kedepan dapat kita nikmati hasilnya” tutur Kepala Desa Bukit Batu.

Penanaman bibit tersebut dilakukan setiap hari nya dengan jumlah 65 bibit/hari. Penanaman dilakukan di pinggir jalan dan halaman kantor desa.

Disamping itu juga dilaksanakan Sosialisasi “Penting nya Pendidikan” di koordinir langsung oleh Kementerian Pendidikan, Hendri Kurniawan.

Sekolah-sekolah yang dikunjungi adalah SD Negeri 11 Bukit Batu, SD Negeri 7 Parit Rodi, dan SMP Negeri 2 Bukit Batu.

Seluruh pengurus BEM di bagi menjadi 3 tim untuk kegiatan tersebut. Untuk memotivasi anak-anak di Desa Bukit Batu.

KKN BEM Polbeng juga melaksanakan kegiatan pondopo belajar di setiap malam nya, dengan tujuan menyemangati adek-adek untuk lebih giat belajar. Adapun mata pelajaran wajib nya adalah agama ( mengaji ), matematika, bahasa inggris.

Selain itu, KKN BEM Polbeng juga melakukan penyuluhan bahaya narkoba yang di lakukan di lapangan Desa Bukit Batu, yang dihadiri oleh Kapolsek Bukit Batu dan Dinas Kesehatan sekaligus yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut di jelaskan bahaya narkoba yang sudah merajalela, dengan tujuan agar masyarakat, terkhusus anak-anak jangan mencoba-coba untuk mengenal akan narkoba yang sudah marak di daerah tersebut. ##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar