Tingkat Nilai Indeks SPBE, Daerah Berharap Kominfotik Riau Berikan Diseminasi

PEKANBARU - Untuk meningkatkan nilai evaluasi indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam pelayanan, pihak kabupaten/kota (daerah) berharap adanya Desiminasi dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau.

Harapan itu mengemukan pada kegiatan Forum Perangkat Daerah yang digelar Diskominfotik, Kamis 20 Februari 2020 di Bappedalitbang Provinsi Riau Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Evaluasi indeks SPBE ini berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Sejauh ini nilai yang diperoleh kabupaten/kota, belum seluruhnya pada zona hijau. Agar kedepan nilai SPBE daerah berada pada zona hijau, diharapkan ada bimbingan khusus dari provinsi.

Menanggapi harapan Diskominfotik kabupaten/kota terkait desiminasi dalam peningkatan indeks SPBE, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Riau Yogi Getri menyambut baik.

Menurutnya, untuk mewujudkan penerapan SPBE, dibutuhkan komitmen daerah, dalam menyiapkan infrastruktur pendukung, sehingga mampu meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi komunikasi. 

Diantara yang harus dipersiapkan meliputi kebijakan tata kelola, kebijakan layanan, kelembagaan, strategi dan perencanaan, layanan publik.

Intinya sebenarnya SPBE itu sendiri merupakan kebijakan ataupun komitmen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan yang mudah, simple bisa diakses dimanapun, akuntable dan terbuka dalam memberikan pelayanan.

Dalam forum perangkat daerah tersebut, dari Kabupaten Bengkalis dihadiri Sekretaris Diskominfotik Adi Sutrisno, Kabid Pengelolaan Berbasis Elektronik Zulkifli, dan Kasi Telematika Andri Irawan. #DISKOMINFOTIK