Asisten I Bengkalis Resmi Buka Musrenbang Kecamatan Bathin Solapan

Teks foto: Asisten I Hj Umi Kalsum bersalaman dengan Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam

BATHIN SOLAPAN – Asisten Pemerintahan (Asisten I) Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Hj. Umi Kalsum mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis H. Muhammad secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Bathin Solapan, Rabu 19 Februari 2020, bertempat di Tan Hall Hotel Surya Duri.

Musyawarah perencanaan pembanungan itu dihadiri sebanyak 13 desa di Kecamatan Bathin Solapan, yaitu Desa Balai Makam, Desa Pematang Obo, Desa Simpang Padang, Desa Desa Kesumbo Ampai, Desa Bumbung, Desa Petani, Desa Air Kulim, Desa Sebangar, Desa Buluh Manis.

Kemudian Desa Boncah Mahang, Desa Pamesi, Desa Bathin Sebaga  dan Desa Tambusai Batang  Dui, dari masing-masing desa tersebut akan menyampaikan sejumlah usulan prioritas.

“Musrenbang kecamatan yang kita laksanakan hari ini adalah bagian dari proses perencanaan pembangunan yang sedang kita susun. Agenda tahunan yang kita laksanakan ini jangan dipersepsikan sebagai acara seremonial belaka, tapi kegiatan ini sangat penting dan strategis sekali, karena melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan akan membahas dan menyepakati kembali program kegiatan yang berasal dari desa/kelurahan,” kata Umi saat membaca sambutan Plt Bupati Bengkalis.

Lanjut Umi, melalui forum ini akan menghasilkan sebuah keputusan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi atau sekelompok orang saja. Perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan harus benar-benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di Kecamatan Bathin Solapan.

Dalam meningkatkan kualitas perencanaan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menerapkan proses perencanaan berbasis elektronik, atau yang lebih dikenal e-planning. Seluruh usulan kegiatan mulai dari desa/kelurahan, pokok-pokok pikiran DPRD dan rencana kerja perangkat daerah harus diinput kedalam sistem ini.

“Hal ini dimaksudkan agar perencanaan yang kita lakukan lebih transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. Pekerjaan kita ke depan memang tidak ringan, penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi informasi harus di kembangkan terus dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pelayanan publik,” ujarnya lagi.

Tampak hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Kaderismanto, anggota DPRD Dapil Bathin Solapan Sanusi, Sekretaris Bappeda Bengkalis Rinto, Perwakilan dari DMPD Bengkalis, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat dan sejumlah perwakilan dari Kepala PD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.#DISKOMINFOTIK