Musrenbang 2020, Pemkab Bengkalis Gelontorkan Rp297 Miliar Untuk Mandau

Teks foto: Musrenbang Kecamatan Mandau yang digelar di Kantor Bathin Betuah, Senin 17 Februari 2020.

DURI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 menggelontorkan anggaran pembangunan Rp297 miliar untuk Kecamatan Mandau.

Informasi tersebut terungkap saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Mandau yang berlangsung di Gedung Bathin Betuah, Kantor Camat Mandau, Senin 17 Februari 2020.

Mewakili Pelaksana Tugas Bupati Bengkalis H Muhammad, Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Hj Umi Kalsum menjelaskan, anggaran itu masih diprioritaskan untuk bidang infrastruktur, seperti jalan, perumahan dan pemukiman.

"Tahun ini juga telah dianggarkan Rp27 miliar untuk sistem penyediaan air minum Dumai, Rohil, Bengkalis (Durolis) serta Rp15 miliar untuk peningkatan sarana air bersih", ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, tahun ini juga untuk masyarakat Mandau, Pemkab Bengkalis mengalokasikan Rp10,2 miliar untuk pembangunan rumah layak huni.

"Ini adalah bentuk perhatian Pemkab Bengkalis dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh kecamatan", ujar Asisten I.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya acara musrenbang, Umi Kalsum berharap kegiatan ini jangan dipersepsikan sebagai acara seremonial belaka, tapi sebagai kegiatan penting dan strategis.

Karena melalui forum musrenbang, seluruh pemangku kepentingan akan membahas dan menyepakati kembali program kegiatan yang berasal dari desa dan kelurahan.

"Kami yakin dan percaya, melalui forum ini akan menghasilkan sebuah keputusan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi atau sekelompok orang saja," harapnya.

Umi juga berharap perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan harus benar-benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di kecamatan Mandau.

Selain Umi Kalsum, kegiatan ini juga dihadiri pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bengkalis. Seperti Ketua Khairul Umum, Wakil Ketua Syaiful Ardi dan Kaderismanto.

Sedangkan anggota DPRD yang ikut menghadiri adalah Kaderismanto, Indrawansyah, Septian Nugraha, Rosmawati Sinambela, Syafroni Untung, Abi Bahrun, Hendri, Giyatno dan Nanang Haryanto. #DISKOMINFOTIK