Pemdes Resam Lapis Gelar Pembinaan Pokja Posyandu dan Rakor Kesmas

Teks foto: Pemerintah Desa (Pemdes) Resam Lapis, Rabu 12 Februari 2020, menggelar pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Kesehatan Masyarakat (Kesmas)

BANTAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Resam Lapis, Rabu 12 Februari 2020, menggelar pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Desa Resam Lapis dibuka Kepala Desa (Kades) Resam Lapis Junaidi, diikuti kades Posyandu balita, kader Posyandu lansia, kader Posbindu PTM, kader PHBS, kader Pokja Keluarga Berencana (KB), kader PPKBD dan sub PPKBD, kader Jumantik dan Kesling, kader BKB, kader BKL, kader BKR dan kelembagaan desa yang membidangi pemberdayaan Kesehatan Masyarakat. menghadirkan narasumber Hadi Dharma dari Dinas Pengenalian Penduduk dan Keluaga Berencana Kabupaten Bengkalis, Emirizal dari Dinas Pemberdayaan masyarakat Kabupaten Bengkalis dan ibu Liana .P dari UPT Puskesmas Kecamatan Bantan.

Dikatakan Kades Resam Lapis, pembangunan suatu daerah khususnya di lingkup desa, tidak hanya tertumpu pada pembangunan fisik, seperti gedung, jalan dan tempat tempat sosial lainnya. Tetapi tak kalah pentingnya membangun kualitas kesehatan masyarakat  sebagai aset tak ternilai untuk membangun desa.

“Kesehatan masyarakat merupakan salah satu faktor utama dalam pembangunan desa. Jadi jika ingin membangun, tentu harus diperhatikan masalah kesehatan, terutama sejak usia dini,” ungkap Junaidi.

Dalam hal ini ditegaskan Junaidi, Posyandu yang menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di desa, terutama terhadap ibu hamil dan anak-anak balita, mempunyai peran strategis untuk menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. Untuk itu, dia menaruh harapan besar kepada kader-kader Posyandu untuk memberikan pelayanan prima.

Tidak hanya menangani ibu hamil dan balita semata, keberadan Posyandu juga memberikan pelayanan prima kepada warga lanjut usia (lansia).

Dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, tentu tidak lepas dari kerja sama yang erat antara seluruh elemen di Desa Resam Lapis. Elemen tersebut meliputi, kader Posyandu, BPD, TP. PKK Desa, LPMD, RW, pengurus Pokja Kampung KB, Kader Posyandu Balita  dan lansia, Kader Posbindu PTM, Kader Jumantik, Kader PHBS,

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi kepada semua pihak yang telah bertungkus lumus dalam memajukan bidang kesehatan di Desa Resam Lapis. Semoga kerja keras dan keihlasan semua pihak akan bernilai pahala,” ujar Junaidi.

Junaidi juga mengucapkan berterima kasih kepada Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Dalduk KB dan Camat Bantan yang telah memberikan dukungan. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar