Penghargaan SAKIP 2019, Pemkab Bengkalis Berhasil Mendapatkan Predikat B

Teks foto: Penghargaan (awards) SAKIP Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra yang diserahkan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, Senin, 10 Februaru 2020, di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau

BATAM – Nilai evaluasi atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2019 pada poisis pradikat B dengan perolehan nilai 65,79.  Perolehan nilai ini naik 3,26 daripada tahun sebelumnya (2018) pada posisi 62,53.

Penghargaan (Awards) SAKIP ini diterima Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra yang diserahkan oleh Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Senin, 10 Februari 2020, di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kenaikan sebesar 3,26 tersebut menunjukan bahwa kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah di lingkungan Pemkab Bengkalis sudah berjalan menunjukan hasil yang semakin baik ditiap tahunnya.

Secara rinci komponen yang dinilai meliputi perencanaan kinerja dari bobot yang ditetapkan, Pemkab Bengkalis meraih 22,53. Pengukuran Kinerja dari bobot 25, nilai yang diperoleh 14,69. Pelaporan kinerja bobot 15, nilai diperoleh 9,91. Evaluasi internal bobot 10, perolehan nilai 6,37, capaian kinerja dari bobot 20, nilai yang dicapai 12,29.

Dari hasil evaluasi, tim penilai menyatakan bahwa Pemkab Bengkalis telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Perjanjian Kinerja untuk tingkat kabupaten, sampai ke level pejabat.

Selanjutnya Pemkab Bengkalis telah menetapkan formal Indokator Kinerja Utama (IKU) level kabupaten maupun perangkat daerah, hanya saja belum dijadikan dasar penilaian kinerja dan monitoring berkala.

Terkait hasil evaluasi, Heri Indra Putra, menegaskan, posisi Kabupaten Bengkalis pada pridikat B dengan nilai yang terus meningkat tiap tahun, merupakan buah kerja keras dari seluruh elemen di Negeri Junjungan.

Terkait dengan rekomendasi yang disampaikan, dikatakan Heri, tentu akan menjadi sebuah pedoman bagi Pemkab Bengkalis untuk segera diperbaiki, sehingga capaian evaluasi SAKIP pada tahun 2020 meningkat. “Insya-Allah, setelah ini kita langsung tindaklanjuti, sehingga semua Perangkat Daerah terus bergerak bersama untuk meningkatkan komponen SAKIP 2020,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pada penerimaan penghargaan SAKIP 2019 di Batam, turut hadir, Inspektur Kabupaten Bengkalis Rafiardi, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Hadi Prasetiyo, Kepala Bagian Organisasi Setda Bengkalis Rahmad dan sejumlah pejabat lainnya.##DISKOMINFOTIK