Dinkes Bengkalis Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Penularan Virus Corona

Teks foto: Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Ketahanan Kabupaten Bengkalis Alwizar beberpa waktu lalu

BENGKALIS - Berkenaan dengan wabah virus corona yang mengehohkan dunia terjadi di Wuhan, Tiongkok dan sampai saat ini telah menular ke Taiwan, Jepang, Thailand, Singapura dan Malaysia. 

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis telah melakukan langkah-langkah antisipasi sejak pertama muncul isu tentang wabah virus corona di Tiongkok tersebut. 

Hingga saat ini Dinkes terus meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi penularan virus corona di Negeri Junjungan. 

Melalui rilis yang disampaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Alwizar Ahad, 26 Januari 2020 Dinkes Bengkalis telah mengaktifkan Sistem Lewaspadaan Dini (SLD) dengan melakukan surveilans ketat di sejumlah pelabuhan. 

"Kita telah mengaktifkan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) kita dengan melalukan Surveilans ketat di Pelabuhan dengan berkoordiasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Bengkalis, " kata Alwizar. 

Alwizar menjelaskan bahwa fokus Diskes Bengkalis saat ini pada 3 pelabuhan sebagai pintu masuk negara dan daerah, yaitu Pelabuhan Internasional Sri Setia Raja di Selatbaru, Pelabuhan Domestik Bandar Laksamana di Bengkalis, dan Pelabuhan Cargo UP. II Sungai Pakning. 

Virus Corona ditularkan oleh hewan kelelawar dan ular kepada manusia, selanjutnya penularan bisa terjari dari manusia yang terinfeksi ke manusia lainnya melalui pernafasan. 

"Tidak ada gejala spesifik terhadap penderita virus corona ini, hanya seperti demam biasa, flu, suhu badan cukup tinggi, " jelas Alwizar. 

Alwizar menyebut, jika dalam surveilans yang dilakukan secara ketat ditemui penumpang yang dicurigai terjangkit virus corona, maka akan dilakukan tindakan medis. 

"Tindakan medis ini perlu dilakukan agar jika ada yang terjangkit virus tersebut dapat diisolasi sehingga tidak menjadi sumber penularan bagi yang lainnya," pungkasnya. 

Oleh sebab itu, Alwizar berharap, jika ada masyarakat Negeri Junjungan memiliki ciri tertular virus corona agar segera dibawa ke Puskesmas terdekat guna pemeriksaan lebih lanjut. 

"Jangan lupa, agar mencuci tangan pakai sabun sekembalinya kita ke rumah sehabis berpergian, " tutup Alwizar. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar