Wirid Pengajian IPHI Kecamatan Bengkalis di Penghujung 2019

Teks foto: Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Bengkalis, Ahad, 15 Desember 2019 menggelar wirid pengajian bulanan.

BENGKALIS – Pada penghujung tahun 2019, pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Bengkalis, Ahad, 15 Desember 2019 menggelar wirid pengajian bulanan, yang diselenggarakan di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Rimba Sekampung.

Wirid pengajian IPHI di penghujung tahun ini tampak istimewa, karena dalam waktu bersamaan diselenggarakan tepuk tepung tawar kepada 35 anak-anak kaum dhuafa yang bakal sunat massal.

Kegiatan sosial sunat massal ditaja oleh para alumni SMAN 1 Bengkalis tahun 1977 yang anggotanya tidak hanya datang dari Pulau Bengkalis, namun dari berbagai penjuru di tanah air. Seperti Pekanbaru, Jakarta, Padang maupun Kepulauan Riau.

Meskipun dari pagi hingga siang, cuaca di Kota Bengkalis dan sekitarnya diguyur hujan, namun tak mengurangi semangat sebagian dari pengurus dan anggota IPHI untuk datang mengikuti wirid bulanan itu. Tak ketinggalan para orang tua dan anaknya yang mendapat undangan sunat massal, tampak antusias mengikuti rangkaian prosesi acara.

Seyogianya, sebelum di tepuk tepung tawar, anak-anak dari kaum dhuafa yang sudah berdandan mengenakan pakaian Melayu ini, akan diarak alias pawai bersama pengurus dan orang tuanya. Karena hujan terus mengguyur, anak-anak ini tepat diarak dengan kompang, di areal teras masjid yang berlokasi di depan Taman Pemakaman Umum Cik Mas Ayu.

Pada kesempatan itu, Ketua IPHI Kecamatan Bengkalis, H Mansur Aminin, memberikan apresiasi kepada para jamaah yang tetap hadir mengikuti wirid pengajian bulanan di penghujung tahun 2019. Hujan yang terus mengguyur, tak mengurangi semangat para jamaah untuk hadir. Meskipun jumlah jamaah yang hadir tak sebanyak dari sebelumnya.

Mansur mengatakan seluruh anggota IPHI di Kecamatan Bengkalis punya tugas dan tanggungjawab tetap menjaga kemabruran hajinya. Salah satu caranya, meningkatkan silaturahmi guna memperkuat ukhuwah islamiah. Tak kalah penting, meningkatkan ibadah-ibadah wajib dan sunat, serta memperbanyak sedekah.

Ditambahkan Mansur, IPHI sebagai wadah bagi haji-hajjah akan terus berkiprah dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam pembinaan umat Islam. Mengingat saat ini tantangan umat Islam, khususnya generasi muda sangat komplek, sehingga perlu dibentengi dengan nilai-nilai agama. 

Mansur juga memberikan apresiasi kepada para alumni SMAN 1 Bengkalis yang menggelar sunat massal kepada anak-anak kaum dhufa. Hal ini tentunya, merupakan salah satu kegiatan positif dalam meringankan beban para keluarga kurang mampu. “Mudah-mudahan, apa yang dilakukan par alumni SMAN 1 Bengkalis bernilai ibadah dan dibalas dengan pahala di sisi Allah SWT,” ungkapnya.

Wirid pengajian bulan IPHI Kecamatan Bengkalis ini menghadirkan penceramah, ustadz H Muhammad Isa. Turut hadir Ketua Alumni SMAN 1 Bengkalis H Saaddudin bin H Syahrum. ##DISKOMINFOTIK