Sekda Bengkalis Ajak Masyarakat Sukseskan SP 2020

Teks foto: Sekda Bengkalis ketika salam sensus penduduk bersama tamu undangan, Jum'at, 13 Desember 2019.

BENGKALIS – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkalis menggelar Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Kependudukan dengan tema ‘Sinergi Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi dalam penyediaan Data Kependudukan Berkualias’ pada, Jum’at, 13 Desember 2019 di ruang pertemuan hotel Horison Bengkalis.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB dihadiri langsung Sekda Bengkalis H Bustami HY, Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin, Kepala Dinas Kominfotik Johansyah Syafri, Kepala BPS Bengkalis, Sukarwanto, Ketua LAMR, H Zainuddin Yusuf, serta tamu undangan instansi terkait.

Sensus penduduk 2020 Indonesia ini merupakan sensus penduduk yang ke-7 diikuti oleh 54 negara yang melakukan sensus penduduk dan perumahan salah satunya Amerika Serikat dan Singapura.

Adapun metode sensus yang direkomendasikan PBB yakni, metode tradisional dengan melakukan pencacahan lapangan, kemudian metode kombinasi dimana anggota sensus dapat menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus dilengkapi dengan sampel survei.

Sedangkan metode yang ketiga yakni berbasis registrasi, dimana sepenuhnya dapat menggunakan data registrasi yang tersedia, baik data registrasi individual maupun rumah tangga.

Pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 dilaksanakan pada beberapa tahapan, yakni sensus penduduk online dilaksanakan 15 Februari sampai 31 Maret 2020, kemudian sensus penduduk wawancara pada 1 hingga 31 Juli 2020.

Kepala BPS Riau Misfaruddin mengatakan bahwa manfaat dilaksanakan sensus ini mampu mengetahui jumlah penduduk yang tutup usia, jumlah penduduk yang tidak memiliki NIK, kemudian keberadaan penduduk serta mengetahui karakteristik penduduk berdasarkan pendidikan dan pekerjaan.

“Pada sensus 2020 mendatang ada beberapa data yang akan dikumpulkan yakni, Nama lengkap, NIK, Alamat, lama tinggal, Jenis Kelamin, Tempat dan Taanggal Lahir, Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, Status Hubungan dengan Kepala Keluarga, dan Status Perkawinan,” kata Kepala BPS Riau.

Sementara itu Sekretaris Daerah H Bustami HY SP 2020 ini memiliki tujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan indonesia.

Bustami juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk bersama-sama menyukseskan SP 2020 untuk selalu berkoordinasi dan berkolaborasi agar pelaksanaan SP nanti dapat menghasilkan data kependudukan yang akurat.

Usai acara, Kepala BPS Kabupaten Bengkalis menyerahkan cenderamata kepada Sekda Bengkalis, juga cenderamata dari Sekda Bengkalis kepada Kepala BPS Riau, serta dilakukan penandatanganan sebagai upaya mendukung sensus penduduk 2020 yang diwali dengan Sekda Bengkalis dilanjutkan dengan tamu undangan lainnya.##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar