Ingin Tahu Antrian di Ro Ro, Cukup Buka CCTv di Smartphone

Teks foto: Pemandangan pelabuhan Ro Ro dari pemantauan CCTv

Pemandangan di RoRo dipantau dari CCTv

BENGKALIS – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis memasang kamera CCTv (Closed Circuit Television). Langkah ini untuk memudahkan masyarakat ingin memantau kondisi pelabuhan penyebarangan roll on - roll off (Ro Ro) Air Putih maupun Sungai Selari.

“Mulai saat ini, untuk melihat antrian kendaraan di pelabuhan penyebarangan Ro Ro Air Putih maupun Sungai Selari cukup melalui telepon pintar alias smart phone. Caranya, buka web cctv.bengkaliskab.go.id, bisa langsung melihat kondisi lapangan,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Johansyah Syafri melalui Kepala Bidang Pengelolaan Berbasis Elektronik (PBE) Zulkifli, Selasa 10 Desember 2019.

Jumlah kamera CCTv yang dipasang di kedua pelabuhan penyebarangan Ro Ro ini sebanyak empat unit, masing-masing dua unit. Saat ini, pengoperasian CCTV tersebut masih dalam tahap penyempurnaan, sehingga kadang tampilan gambar belum sepenuhnya real time. 

“Saat ini masih dalam tahap ujicoba, sehingga masih butuh penyempurnaan. Kita usaha, tampilan gambar di CCTv di kedua pelabuhan tersebut real time. Jika seandainya terjadi jeda, minimal per sekian detik saja, kecuali listrik mati,” ungkap pria yang baru satu bulan menduduki jabatan Kabid PBE ini.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Zul ini, tujuannya, dari pemasangan kamera ini, selain untuk memudahkan masyarakat mengetahui antrian kendaraan di pelabuhan, tentunya sebagai upaya mewujudkan Bengkalis Smart City

Selain itu, kehadiran CCTv juga dapat dimanfaatkan untuk memantau langsung aktivitas lalu lintas kendaraan yang keluar masuk dari maupun ke Pulau Bengkalis –Sungai Selari (Pulau Sumatera) atau sebaliknya. 

Kedepan, untuk menuju Bengkalis Kota Pintar atau Bengkalis Smart City, Diskominfotik Kabupaten Bengkalis, akan memasang sejumlah CCTv di sejumlah titik persimpangan dan kawasan strategis. 

Selain itu, kata Zul, Diskominfotik Bengkalis akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membangun Command Center yang akan bertugas untuk mengawasi titik-titik yang bakal dipasang CCTv. 

Seperti diketahui, sebelum terpasangnya CCTv di kedua pelabuhan tersebut, biasanya warga yang ingin berangkat dari maupun ke Bengkalis – Sungai Selari atau sebaliknya, selalu berspekulasi apakah ada antrian atau tidak. Baru tahu terjadi penumpukan kendaraan, ketika sudah benar-benar datang ke pelabuhan. 

Mulai Desember 2019 hingga kedepan, warga tak berspekulasi, tapi cukup membuka android, bisa langsung mengetahui kondisi di lapangan. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar