Pemkab Bengkalis Terima DIPA Rp3,015 Triliun Tahun 2020

Teks foto: Bupati Amril saat terima draft isian pelaksanaan anggaran dari Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Bengkalis hari ini, Jumat 22 November 2019 secara resmi menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2020 dari Gubernur Riau H Syamsuar.

Penyerahan DIPA yang dilaksanakan di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah, Pekanbaru, diterima langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Besarnya DIPA yang diterima Kabupaten Bengkalis untuk tahun anggaran 2020 sebesar Rp3,015 triliun.

Terdiri dari dana bagi hasil Rp2,187 triliun, dana alokasi umum Rp384 miliar, dana alokasi khusus fisik Rp137 miliar, dana alokasi khusus non fisik Rp134 miliar.

dana insentif daerah sebesar Rp41 miliar dan dana desa Rp133 miliar.

Secara keseluruhan besarnya DIPA maupun daftar alokasi transfer daerah dan dana desa tahun 2020 untuk Provinsi Riau dan 12 kabupaten/kota sebesar Rp25,200 triliun.

Terdiri dari dana bagi hasil Rp8,384 triliun, dana alokasi umum sebesar Rp9,478 triliun, dana alokasi khusus fisik sebesar Rp2,152 triliun, dana alokasi non fisik sebesar Rp3,287 triliun, dana insentif daerah sebesar Rp428 miliar dan dana desa Rp1,470 triliun.

Setelah DIPA diterima, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan mengupayakan pada awal tahun, APBD 2020 dapat secepatnya dijalankan. Terlebih, mulai tahun 2020 ini, akan dilaksanakan beberapa program strategis, seperti proyek multiyears pembangunan infrastruktur jalan maupun program pemberdayaan masyarakat, program kesehatan, pendidikan maupun program lainnya.

“Kita berharap dengan diterimanya DIPA tahun anggaran 2020, maka kegiatan dan program pembangunan dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai perencanaan program yang telah ditetapkan,” ungkap Bupati Bengkalis

Setelah DIPA diterima, selanjutkan Bupati Bengkalis akan menyerahkan DIPA kepada kepala perangkat daerah di tingkat Kabupaten Bengkalis. Kemudian diminta seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan koordinasi, terutama untuk sinkronisasi APBN dan APBD, meningkatkan kualitas pengelolaan APBD dengan meningkatkan pengawasan.

Lebih lanjut Bupati Bengkalis mengintruksikan seluruh kepala perangkat daerah, agar mulai mengambil langkah-langkah dan merangkai kegiatan yang bakal dilaksanakan di tahun 2020.

Amril juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan dan pembangunan pada tahun 2020. Karena, masyarakat memiliki peran penting dalam setiap langkah pembangunan, khususnya dalam hal pengawasan maupun memberikan masukan positif.

Pada penyerahan DIPA Gubernur Riau Syamsuar menekankan agar pemerintah daerah melaksanakan lelang secepatnya, yakni bulan Januari harus sudah dilelang

Gubernur juga meminta kepala daerah agar belanja yang dikeluarkan harus bermanfaat kepada kepentingan masyarakat

Turut mendampingi Bupati Bengkalis, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Aulia, Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Bengkalis Yuhelmi, Kagian Umum Setda Bengkalis Fakhrurrazy. ##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar