Bupati Bengkalis: Selamat dan Tahniah Buat Sekda Riau Yan Prana Jaya

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Sekda Riau Yan Prana Jaya

PEKANBARU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Jumat siang 22 November 2019, menghadiri acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Yan Prana Jaya oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan terhaap Sekda Provinsi Riau yang digelar di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah, Pekanbaru. Usai prosesi, Bupati Bengkalis Amril Mukminin memberikan ucapan selamat dan tahniah kepada Yan Prana Jaya.

"Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan selamat dan tahniah kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau yang baru, Bapak Yan Prana Jaya. Semoga sukses dan amanah dalam melaksanakan tugas dan kewajiban," ungkap Bupati Bengkalis Amril Mukmini.

Bupati Bengkalis juga mengatakan, bahwa masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung sepenuhnya atas program yang akan diusung Provinsi Riau ke depannya.

Lebih lanjut Amril Mukminin berharap setelah pelantikan ini, Sekda Provinsi Riau Yan Prana Jaya dapat menjalankan amanah dengan baik. Bisa bekerja sama dan sinergisme dengan pemerintah kabupaten/kota dengan baik, sehingga mampu meningkatkan pelayanan dan pembangunan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Yan Prana Jaya mampu membawa perubahan yang signifikan untuk perkembangan Provinsi Riau ke depan. Tentunya dengan menciptakan program-program yang jitu untuk mewujudkan Provinsi Riau yang lebih baik lagi,” ungkapnya

Tak kalah penting, kata mantan Kepala Desa Muara Basung ini, Sekda Riau Yan Prana Jaya dalam membantu Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, memberikan perhatian penuh pada pembangunan kawasan Riau pesisir, khususnya Kabupaten Bengkalis.

“Terlebih, selama ini kita kenal betul dengan Pak Yan Prana Jaya. Beliau sudah malang melintang bertugas di kawasan pesisir, seperti di Kabupaten Bengkalis dan terakhir di Siak. Harapan kita, beliau dapat memperhatikan kawasan pesisir, tentunya tidak mengabaikan daerah lain di Provinsi Riau. Kami yakin beliau mampu,” ungkap Amril Mukminin.

Berikut profil singkat Yan Prana Jaya sebagaimana dirangkum dari beberapa sumber. Yan Prana melamar dengan pangkat dan golongan ruang Pembina Utama Muda/IVC. Ia diangkat sebagai PNS sejak 1995, dan langsung ditempatkan di sebuah daerah di Riau Pesisir, Kabupaten Bengkalis.

Masa kerja Yan Prana sebagai PNS dihabiskan di Bengkalis dan Siak, Di Kabupaten Bengkalis, awalnya meniti karir sebagai Kasubag Analisa Kebutuhan Bagian Perlengkapan di Pemkab Bengkalis 1998-2001. Pejabat Kasubag Analisa Kebutuhan Pemkab Bagian Perlengkapan Bengkalis di 2001.

Pada 2003, Yan Prana dipindahkan ke Bagian Umum diberi jabatan Kasubag Tata Usaha Pimpinan dan Keuangan selama dua tahun hingga 2005. Pj Kepala Bagian Ekonomi 2005-2006, Kabag Tata Usaha di Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah 2006-2009, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan 2009-2010.

Saat Syamsuar menjabat Bupati Siak, 2011, Yan Prana Jaya pindah ke Kabupaten Siak mengabdikan jasanya ke Kabupaten Siak. Awalnya diberi amanah sebagai Penjabat Kepala Bappeda Siak, 19 September 2011 hingga 10 Januari 2013.

Barulah, tahun 2013 hingga 2016, definitifkan sebagai Kepala Bappeda Siak 2013-2016 serta Kepala Bappeda, Penelitian dan Pengembangan Siak 2016-2017. Terakhir Kepala Badan Keuangan Daerah terhitung 3 Oktober 2017 hingga tahun 2019.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153/TPA Tahun 2019 Tanggal 14 November 2019 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Drs. H. Yan Prana Jaya Indra Rasyid, M.Si, ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Riau, hal ini merupakan momen yang ditunggu, tidak saja oleh Pemerintah, namun juga oleh masyarakat. ##DISKOMINFOTIK